KM Cantika Lestari 77 Hangus Terbakar

0
526
Perairan Sulut rawan pencemaran minyak di laut
Kapal Tunda milik PT Pelindo (Persero), KT Tondano, berjibaku padamkan api di KM Cantika Lestari 77

Bitung – Kapal penumpang KM Cantika Lestari 77, hangus terbakar, pada Selasa (14/3), di Perairan Selat Lembeh, Kota Bitung Sulawesi Utara. Diduga kuat percikan api dari pemotongan plat baja di KM Geovani menjadi penyebab kebakaran tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 15 Miliar.

Kapal penumpang milik PT Dharma Indah, Ambon, Maluku, baru saja melakukan sea trial, setelah turun dari galangan kapal PT Samudera Puranabile Abadi. Namun malang, kapal tersebut berlabuh tenreng dengan KM Geovani, yang melakukan pemotongan plat baja, untuk persiapan naik dok. “ Api berasal dari dek satu, dan yang terbakar adalah kasur busa penumpang. Kami berusaha memadamkan api, namun kami sesak nafas karena asap tebal di dek satu,” kata Nahkoda KM Cantika Lestari 77, Demi Lewir.

Kapal yang melayani trayek Ambon – Masela, Maluku Barat Daya, akhirnya ditarik oleh KM Geovani ke tengah Selat Lembeh, karena hanya 100 meter, ada KRI Halim Perdana Kusuma yang sandar di dermaga Satkamla Lantamal VIII Manado, Samuel Languyu. Karena panas api, tali pengikat KM Geovani dan KM Cantika Lestari 77, akhirnya putus.  Akibatnya KM Cantika yang terbakar terbawa arus, hingga nyaris membakar puluhan kapal ikan di sejumlah perusahaan di Kelurahan Aertembaga.

Sejumlah kapal ikan dengan susah payah menarik KM Cantika Lestari 77, yang masih membara menjauh dari dermaga kapal-kapal ikan. Dua kapal tunda milik PT Pelindo , dan satu fire boat milik PT Pertamina akhirnya datang, untuk memadamkan api, serta menyeret kapal yang dapat memuat 600- 1.000 penumpang tersebut.

Api baru dapat padam pada pukul 20.00 Wita. KM Cantika Lestari 77 dijauhkan dari kapal-kapal yang berada di alur pelayaran Selat Lembeh. Kapal penumpang yang baru melaut pada bulan Mei 2016 tersebut berlabuh di perairan Kelurahan Paudean, Kecamatan Lembeh Selatan.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here