Ulaan: Fatal… Jika Pj Bupati Tak Laksanakan Putusan PTUN

0
414
Kuasa Hukum 77 ASN Sangihe, Hendrik Ulaan, SH
Kuasa Hukum 77 ASN Sangihe, Hendrik Ulaan, SH

SANGIHE – Penjabat (Pj) Bupati Sangihe, Drs Jhon Heit Palandung MSi, hingga kini belum melaksanakan putusan sela Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado, tentang gugatan 77 ASN eselon III dan IV yang dibebastugaskan. Anggota Tim Kuasa Hukum 77 ASN Sangihe, Hendry Ulaan, SH, menyesalkan sikap dari penjabat Bupati Sangihe.

“Sangat fatal akibatnya bagi Penjabat Bupati, jika tidak melaksanakan putusan PTUN yang nota bene sebagai lembaga yudikatif. Kami tim kuasa hukum pemohon, sangat menyayangkan sikap seorang Palandung yang merupakan pejabat Negara namun tidak mentaati keputusan sebuah lembaga Negara,” ujar Ulaan.

Diapun mempertanyakan alasan Pj Bupati yang belum melaksanakan putusan PTUN itu, karena akan melakukan konsultasi dulu ke Gubernur dan Mendagri. “Yang tandatangani SK nomor 281.2 tanggal 11 Januari 2017 tentang pembebasan dan pengangkatan PNS dari dan dalam jabatan struktural eselon III dan IV itu kan Penjabat Bupati, bukan Gubernur dan Mendagri. Sehingga sangat tidak etis jika seorang Pj Bupati tidak memahami sebuah keputusan Pengadilan,” tambah Ulaan.

Amar putusan PTUN Manado: Mengadili, 1. Menyatakan mengabulkan permohonan para penggugat. 2. Memintakan tergugat untuk menunda/menangguhkan daya berlaku pelaksanaan SK Penjabat Bupati Sangihe, No. 821.2/SK/04/2017, tanggal 11 Januari 2017, tentang pembebasan dan pengangkatan PNS dari dan dalam jabatan structural eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sangihe, sampai adanya putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Kami tim kuasa hukum, juga diberi penegasan oleh Ketua Majelis Hakim PTUN, yang menyatakan jika Putusan PTUN ini tidak dilaksanakan oleh Pj Bupati, maka konsekwensinya adalah hukum yang sangat fatal, karena secara yuridis dan administrasi adalah tanggung jawab dari yang bersangkutan,” tandasnya.

Tidak ada alasan bagi Pj Bupati Sangihe untuk tidak melaksanakan putusan tersebut. Diketahui, acara pertemuan 77 ASN dengan Pj Bupati, di aula Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Senin lalu, Pj Bupati menyampaikan, tidak serta-merta langsung melaksanakan Putusan PTUN itu, karena akan dikonsultasikan dulu dengan Gubernur dan Mendagri. (ronal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here