Abrasi, Pantai Wisata Pananualeng Rusak

0
546
Abrasi, Pantai Wisata Panannualeng Rusak. Warga berharap Bupati-Wakil Bupati terpilih, menempatkan orang yang kompeten di Dinas Pariwisata Sangihe.

SANGIHE – Objek wisata Pantai Pananualeng yang terletak di Kecamatan Tabukan Tengah, mulai tergerus ombak dan dipastikan akan merobohkan pepohonan yang telah puluhan tahun mengakar dan tumbuh di pesisir pantai wisata tersebut. Ironisnya, abrasi pantai wisata yang kerap dikunjungi wisatawan lokal dan dari luar daerah itu, sudah berlangsung lama, namun pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Kebudayaan Pariwisata, selaku instansi yang paling bertanggung jawab terkesan cuek.

Namun, program pemerintah daerah yang mewacanakan Kabupaten Sangihe, sebagai destinasi wisata sepertinya ‘jauh panggang dari api’. Tokoh masyarakat Sangihe, Drs Matheos Ambat yang dikenal konsern terhadap pembangunan pariwisata Sangihe, menilai kerusakan pantai wisata Pananualeng, mengindikasikan minimnya perhatian pemerintah terhadap pengembangan pariwisata di daerah ini. “Keindahan Pantai Pananualeng sudah dikenal masyarakat luas, namun tidak ada niat serius dari pemerintah dalam memberi perhatian melalui perbaikan infrastruktur, termasuk membangun tanggul agar kerusakan akibat abrasi tidak meluas,” ujar Ambat.

Diapun menyoroti soal pembelian Kolam Renang di Kelurahan Kolongan oleh Dinas Budpar, yang dinilai tidak mencerminkan kepedulian pemerintah terhadap pembangunan sektor pariwisata. “Tidak bisa dipungkiri, jika mental pimpinan SKPD yang berorientasi pada kepentingan pribadi, maka jangan harap sektor pariwisata di daerah ini akan maju,” tandasnya lagi. Dikatakannya, kerusakan pantai wisata Pantai Pananualeng merupakan bukti, minimnya perhatian terhadap pembangunan sector pariwisata di negeri Tampungang Lawo, Sangihe. Akan hal ini, eks birokrat senior itu, menaruh harapan besar terhadap pemerintahan yang baru agar dalam menempatkan pejabat pimpinan SKPD, harus didasari dengan disiplin ilmu, dan memiliki integritas dalam membangun daerah Sangihe tercinta. (ronal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here