MK Gugurkan Permohonan MaSi, JEG-HH Menunggu Pelantikan

0
508
Komisioner KPU Sangihe Bersama Dua Kuasa Hukum Usai Sidan Pleno Putusan Perkara Pilkada Sangihe di MK, pada Senin (3/4)

SANGIHE – Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya menggugurkan permohonan Pemohon, kubu pasangan Cabup-Cawabup Makagansa-Silangen (MaSi) dan menerima eksepsi termohon, dalam hal ini KPU Sangihe selaku termohon kesatu dan Me’Gahagho sebagai termohon kedua. Dengan demikian, pasangan Jabes Ezar Gahgana SE ME dan Helmut Hontong SE (JEG-HH), sah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sangihe terpilih periode 2017-2022.

Proses peradilah Perkara Hasil Pilkada (PHP) Kabupaten Sangihe yang dipimpin langsung Ketua MK, Arief Hidayat itu, memutuskan Permohonan Pemohon (MaSi) tidak dapat diterima, karena tidak memiliki kedudukan hukum berdasarkan jumlah selisih suara yang melampaui dua persen. Sebelumnya, kuasa hukum dari termohon kesatu dan termohon kedua, telah menyampaikan pendapat bahwa gugatan perkara Pilkada Sangihe di MK akan ditolak, karena materi gugatan pemohon hanya bersifat asumsi.

Komisioner KPU Sangihe Devisi Hukum, Jeck Seba, saat dihubungi usai sidang MK, Senin sore (3/4), mengatakan bahwa proses peradilan perkara Pilkada Sangihe di MK sudah selesai dengan keputusan, menerima eksepsi dari termohon dalam hal ini KPU dan Me’Gahagho, dan menolak permohonan pemohon (MaSi). “Keputusan MK pada sidang pleno perkara Pilkada Sangihe, yang digelar Senin (3/4), adalah menerima eksepsi termohon, dalam hal ini KPU selaku termohon kesatu dan Me’Gahagho sebagai termohon kedua, dan menolak permohonan pemohon (MaSi). Dengan demikian, pasangan JEG-HH dinyatakan sebagai pemenang Pilkada Sangihe 2017, sekaligus Bupati dan Wakil Bupati Sangihe terpilih periode 2017-2022,” ujar Seba.

Terpisah, Bupati Sangihe terpilih, Jabes E Gaghana yang juga dihubungi, Indonesia Blitz.com via ponselnya, dengan suara terdengar haru menyatakan, bahwa putusan MK merupakan kemenangan bagi seluruh rakyat Sangihe. “Puji Tuhan. Ini adalah kemenangan seluruh rakyat Sangihe. Terimakasih kepada seluruh masyarakat dan semua pihak yang memberikan dukungan dalam Doa, sehingga apa yang menjadi harapan rakyat Sangihe bisa terwujud,” ujar Gaghana, sembari menghimbau kepada massa Me’Gahagho, agar dalam merayakan kemenangan dilakukan dengan tertib, dan jangan sampai mengganggu ketertiban umum. (ronal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here