Pabrik Sabut Kelapa di tanjung Merah Terbakar

0
450
Tim pemadam dari Pemkot Bitung berjibaku jinakkan api yang membakar pabrik sabut kelapa, CV. Puri Bitung Gemilang, Kel. Tanjung Merah

Bitung – Pabrik sabut kelapa, CV. Puri Bitung Gemilang, Kelurahan Tanjung Merah, Kota Bitung, Sulawesi Utara terbakar , Senin (3/4). Diduga kuat api berasal dari percikan pekerjaan pengelasan, di gudang penyimpanan sabut kelapa, siap ekspor. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Dari pengakuan para pekerja, kebakaran di pabrik sabut kelapa CV Puri Bitung Gemilang, Kelurahan Tanjung Merah untuk yang kedua kalinya terjadi. Kali ini api melalap isi gudang penyimpanan dan pengepakan fiber coco , pada saat pekerja istirahat siang. “ Saat kami istirahat makan, tiba-tiba terlihat asap sudah membumbung tinggi, sehingga kami semua berusaha memadamkan api, namun api sudah besar, sehingga kami tak mampu padamkan api,” kata seorang pekerja.

Lima unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Bitung, kewalahan mengendalikan api, karena bara api telah masuk ke tumpukan serat sabut kelapa. Api sangat cepat menjalar, karena isi gudang penuh sabut kelapa. Mujur, pabrik sabut kelapa, yang biasa ekspor ke Tiongkok ini, jauh dari pemukiman warga,.

Untuk membantu pemadaman api, pihak perusahaan mengerahkan alat berat mini, Bobcat, untuk membongkar bara di tumpukan sabut kelapa yang telah dipak. Kapolsek Matuari, Kompol Fery Manopo mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan identifikasi dan memanggil para karyawan, untuk memastikan penyebab kebakaran.

“ Saat ini kami masih mengumpulkan data dan informasi, atau dalam proses penyelidikan, jadi kami belum dapat memastikan penyebab kebakaran, serta adanya unsur kesengajaan dalam musibah ini,” jelas Manopo.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here