Palandung ‘Kewalahan’ Hadapi Roring

0
492
Pj. Bupati Kepulauan Sangihe, Jhon Palandung, mengaku tidak dapat berkoordinasi dengan Sekda, Edwin Roring

SANGIHE, Indonesia Blitz.com – Sorotan warga terhadap kinerja Sekda Sangihe, Edwin Roring yang kerap berada di luar daerah semakin tajam. Mereka bahkan meminta kepada Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, agar melakukan evaluasi terhadap kinerja Sekda Sangihe yang kerap mengabaikan tugasnya sebagai orang ketiga di lingkup Pemkab Sangihe itu.

Mirisnya lagi, Penjabat (Pj) Bupati Sanghe, Drs Jhon Heit Palandung MSi, yang nota bene sebagai pimpinan dari Sekda, paling banyak tidak mengetahui tentang kegiatan Sekda di luar daerah. “Saya kesulitan berkomunikasi dengan Sekda, karena nomor ponselnya sudah tidak aktif. Padahal, ada banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh Sekda, misalkan melakukan koordinasi dengan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam menyelesaikan administrasi di Sekertariat pemerintahan,” ujar Palandung, ketika menjawab konfirmasi Indonesia Blitz.com.

Eks Sekda Sitaro itu, menambahkan, kalau dirinya sudah berkali-kali didatangi oleh beberapa tokoh masyarakat menanyakan keberadaan Sekda yang sudah jarang terlihat di Tahuna. Sejumlah pimpinan OPD juga mengeluhkan, karena ada beberapa pekerjaan menyangkut realisasi program pemerintah, terpaksa dipending, karena dokumennya belum ditandatangani oleh Sekda.

Akan hal itu, Koordinator Aktivis Pegiat Anti Korupsi Sangihe (APAKS), Jhony Rompas, mengatakan, jika kinerja seorang Sekda yang nota bene sebagai panglima ASN di lingkup Pemkab Sangihe, sudah seperti itu, maka menjadi hal penting dan kewajiban bagi masyarakat Sangihe untuk mempertanyakannya. Dia bahkan menyarankan agar Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, segera melakukan tindakan tegas terhadap Sekda Sangihe, jika perlu yang bersangkutan dicopot dari jabatannya.

“Pak Gubernur, tidak perlu repot-repot megevaluasi kinerja Sekda Sangihe. Agar tidak mengganggu tugas pak Gubernur yang begitu banyak, maka sebaiknya Sekda Sangihe dicopot saja, dan diganti dengan pejabat yang lebih professional dan punya tanggung jawab terhadap tugas yang diembannya,” beber Rompas. (ronal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here