Tak Ada Korban,Gempa Filipina Rusak Bangunan

2
348
Bangunan tua dan ditinggalkan pemiliknya roboh, di salah satu sudut kota General Santos(photo: philnews.ph)

Manila – Gempa dengan kekuatan 7,2 skala richter melanda lepas pantai dekat provinsi Sarangani, pada  Sabtu subuh.  Dari data Philipina Volcanology and seismology (Phivolcs) menyebutkan, gempa tersebut melanda 57 kilometer barat daya Sarangani, pada kedalaman 57 kilometer.

 

Dikutip dari abs-cbn.com, Belum ada laporan korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun sejumlah bangunan rusak ringan hingga parah, sesuai dengan konstruksi bangunan. Saat kejadian, Kepala Phivolcs, Renato Solidum mengatakan kepada radio DZMM bahwa penduduk di dekat daerah pesisir di wilayah Provinsi Sarangani harus waspada terhadap kemungkinan gelombang tsunami, Namun pemerintah setempat membatalkan peringatan tersebut pada pukul 06:54 waktu setempat.

 

Menurut Solidum, gempa tektonik tersebut diperkirakan akan memicu gempa susulan dan dapat menyebabkan kerusakan. Phivolcs mendeteksi, terjadi beberapa kali gempa susulan setelah gempa utama. Gempa susulan pertama berkekuatan  4.1 sr, 64 kilometer barat daya Sarangani, dan yang lainnya mengikuti dengan kekuatan yang lebih rendah.

 

Beberapa gempa yang lebih lemah juga terdeteksi oleh Phivolcs dekat Tarragona, Davao Oriental; Maasin; New Corella, Davao del Norte, dan General Santos City, Cotabato Selatan.
Gempa di Sarangani merusak beberapa bangunan, termasuk kantor walikota di General Santos City.
Pintu kaca pecah, dan ubin jatuh saat celah besar muncul di dinding bangunan.
Bangunan tua yang ditinggalkan juga ambruk di Kota General Santos. Di sebuah mal di General Santos City, sebuah pintu kaca hancur, dan kayu lapis dari langit-langit jatuh karena gempa.
NDRRMC (BNPB-Filipina) telah menaikkan status siaga kepada ke awas atau bahaya merah.
Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berskala 7sr mampu merusak bangunan dengan desain dan konstruksi yang baik; Sebaliknya akan merusak struktur bangunan yang tidak dirancang dengan buruk.

Source: abs-cbn.com//philnews.ph

Advertisements

2 COMMENTS

  1. Does your site have a contact page? I’m having problems locating it but, I’d like to shoot you an e-mail. I’ve got some ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great site and I look forward to seeing it improve over time.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here