Mobil Mutakhir untuk Tuna Netra

2
335
Mobil berbentuk tabung yang dikembangkan oleh Inggris untuk orang tuna netra. (aw)

 

BIRMINGHAM –  Indonesia Blitz – Mobil dengan tingkat kecepatan rendah yang dikenal sebagai Pod otonom (mobil tabung), kini sedang dikembangkan di Inggris untuk mempermudah perjalanan terutama bagi tuna netra dan orang yang mengalami kesulitan penglihatan. Mobil ini mulai dipamerkan ke publik minggu ini (Senin 29 Mei – Jumat, 2 Juni 2017).

Proyek inovatif INSIGHT ini melihat sebuah konsorsium Inggris mengubah Heathrow Ultra-Pod menjadi kendaraan otonom hi-tech. Mobil yang dirancang untuk membantu perjalanan singkat dalam kecepatan rendah ini, digambarkan oleh tim proyek sebagai solusi transportasi ‘mil terakhir’, yang ideal untuk memindahkan orang dan bagasi antara stasiun kereta api lokal, rumah sakit dan tempat parkir.

Mobil unik ini dilengkapi dengan sistem pencitraan dan sensor 3 Dimensi canggih, yang dirancang untuk memungkinkan Pod menavigasi melalui area pejalan kaki sambil memastikan keamanan penumpang, pejalan kaki, pengguna jalan dan kendaraan lainnya.

Inklusif adalah fitur utama dari INSIGHT Pod, yang mencakup beberapa fitur inovatif dan dirancang khusus untuk mendukung anggota masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan.

Salahsatu mobil Pods ini akan dipamerkan di Thinktank Science Garden di Eastside Birmingham dari Senin sampai Jumat, dan memberiklan kesempatan kepada masyarakat termasuk tuna netra untuk mempelajari dari dekat. Saran dari publik diharapkan dapat memberikan perbaikan perkembangan masa depan mobil Pod.

Acara ini diselenggarakan oleh tim proyek INSIGHT, sebuah kemitraan industri dan akademisi, yang terdiri dari Birmingham City University, Heathrow Enterprises Ltd, Fusion Processing Ltd, dan perusahaan lokal Westfield Sportscars Ltd (Lead Partner) serta Conigital Ltd

Dr Umar Daraz, Direktur Institute of Sustainable Futures di Birmingham City University, mengatakan memberi kesempatan kepada masyarakat setempat untuk melihat salahsatu kendaraan ini dan untuk mengetahui lebih banyak tentang apa yang proyek ini lakukan. “Yang terpenting mempengaruhi pengembangan masa depan Pods. Kami juga mempersilahkan kelompok tuna netra untuk memberikan masukan, yang akan menjadi kunci perbaikan untuk Pods menjadi lebih baik”, katanya.

Ribuan orang diperkirakan bisa melihat sekilas Pod selama lima hari. Kelompok kunci sudah siap menghadiri pertunjukan termasuk Beacon Center for the Blind, untuk memberi pengguna kendaraan potensial yang nyata kesempatan untuk memberikan pandangan mereka tentang bagaimana Pod dapat mempengaruhi kehidupan mereka.

Proyek INSIGHT ini dibiaya pemerintah Inggris sebesar 2,2 juta poundsterling dari Intelligent Mobility Fund tahun lalu, untuk mengubah Pod berteknologi tinggi menjadi Pods otonom yang dapat digunakan meningkatkan aksesibilitas bagi orang-orang yang memiliki kesulitan bepergian secara independen.

Tidak seperti Heathrow Ultra Pods, yang saat ini digunakan di Bandara Heathrow, Pod INSIGHT ini tidak perlu menjalankan panduan atau trek dan malah akan menggunakan data sensorik untuk bergerak dengan aman di sekitar lingkungannya.

Sistem penentuan posisi dalam dan luar ruangan yang canggih akan memungkinkan pengguna tuna netra mengetahui lokasi sebenarnya mereka,  dengan menggunakan aplikasi ponsel cerdas dan akan terhubung ke sistem berbasis ‘cloud’ yang memungkinkan kendaraan terdekat dipanggil secara virtual.(AW/Jeff)

Advertisements

2 COMMENTS

  1. I have checked your site and i’ve found some duplicate content,
    that’s why you don’t rank high in google, but there is a tool that
    can help you to create 100% unique content, search for;
    Boorfe’s tips unlimited content

  2. I have checked your page and i have found some duplicate content, that’s why you don’t rank high in google, but there is a tool that
    can help you to create 100% unique content, search for; Boorfe’s tips
    unlimited content

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here