MTK Karatung Satu Laporkan Dugaan Korupsi Dandes ke Polisi

0
417
Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME

Indonesiablitz.com, TAHUNA – Majelis Tua Kampung (MTK) Karatung I Kecamatan Manganitu, melaporkan dugaan kasus korupsi Dana Desa (Dandes) Karatung I, Tahun anggaran 2015-2016, ke Polsek Manganitu, baru-baru ini.

Sumber resmi indonesiablitz.com menyebutkan, berawal dari adanya pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) pembangunan fisik yang menggunakan dana desa. Belakangan diketahui, SPJ yang dibuat itu, ternyata fiktif, karena adanya pekerjaan fisik yang belum selesai pengerjaannya, namun telah diterbitkan SPJ 100 persen, termasuk adanya sisa dana Kampung yang juga dibuatkan SPJ meski tidak ada pengadaan barang.

Pihak MTK yang mengetahui hal itu langsung melakukan konfirmasi dengan pihak Kapitalaung. Sayangnya, penjelasan oknum Kapitalaung yang kini telah habis masa jabatan itu, tampak bertele-tele dan terkesan menutup-nutupi perihal SPJ yang tidak jelas itu. Hal inilah yang membuat pihak MTK mengambil keputusan untuk melaporkan kasus tersebut ke aparat kepolisian.

Pihak Polsek Manganitu belum merinci kasus dugaan korupsi Dandes Kampung Karatung I itu, namun membenarkan adanya laporan tersebut. Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME, dengan tegas menyatakan, bahwa siapapun yang menyalahgunakan dana desa, pasti akan mendapat sanksi hukum.

“ Waktu masih menjabat Wakil Bupati, saya sudah berkali-kali mengingatkan kepada para Kapitalaung, agar jangan main-main dengan dana desa, karena konsekuensinya adalah hukum,  sebab dana desa yang disalurkan oleh pemerintah pusat itu, bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi untuk pembangunan desa. Itukan uang Negara, jadi penggunaannya harus dipertanggung jawabkan. Kalau sampai ada SPJ fiktif seperti itu, adalah sebuah pelanggaran pidana yang disebut korupsi,” tegas Bupati seraya menambahkan, pemerintah daerah tidak akan memberikan perlindungan hukum bagi para Kapitalaung yang terlibat korupsi dana desa. (andy)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here