2 Nelayan Bitung Kemungkinan masih Hidup

0
312
Sejumlah petugas SAR Manado mengisi bahan bakar minyak di perahu cepat di depan selat Lembeh Kota Bitung, hari Sabtu, sebelum melakukan pencarian terhadap nelayan yang masih hilang. (Foto. Jeffry)

Indonesia Blitz, KOTA BITUNG –  Tim Badan Search and Rescue (SAR) Nasional Manado memperkirakan dua nelayan kota Bitung, Sulawesi Utara, yang hilang dihantam badai Rabu lalu (19/-7-2017), kemungkinan masih hidup, jika mereka masih bertahan di atas perahu.

Kepala Humas Basarnas Manado, Ferry Julianto, mengatakan sesuai pengalaman selama ini, kemungkinan besar nelayan yang hilang masih hidup sampai hari keenam,  jika mereka berada di atas perahu. “Tergantung korban, dia masih di atas perahunya atau di air. Kalau di air pasti korban sudah meninggal. Kalau di atas perahu korban pasti masih hidup”, jelasnya kepada Indonesia Blitz, Selasa pagi (25/7-2017).

Menurut Ferry, tim Basarnas Manado hari keenam ini mengganti operasi pencarian dengan pemantauan. Namun tim SAR tetap akan melakukan pemantauan hingga 14 hari sejak pencarian hari pertama. ”Pencarian digantikan dengan pemantauan. Pemantauan sampai 14 hari”, katanya.

Dua orang nelayan Kota Bitung,  Robert Mahaling (34 tahun) warga Madidir Unet Kecamatan Madidir  dan Yohanes Dolorang (52 tahun) warga kelurahan Posokan Lembeh Utara,  hilang setelah dihantam badai, ketika mereka sedang mencari ikan di ujung utara pulau Lembeh.

Tim SAR Manado hampir sepekan ini sudah melakukan pencarian dengan menyisir sejumlah area perairan pulau Lembeh, pesisir pantai Bitung daratan sebelah utara seperti Batu Kapal, Batu Angus, Batu Putih, perairan kabupaten Minahasa Utara hingga perairan kabupaten Sitaro. “Sampai saat ini belum ada tanda-tanda. Kemarin tim melakukan penyisiran ke arah pulau Talise,  Bangka, Mantehage. Sekarang tim melakukan operasi pemantauan”, kata Komandan Regu SAR Manado, Steven Lumowa secara terpisah.

Steven juga membantah adanya informasi tentang ditemukannya seorang nelayan terikat di perahu dan terapung-apung di pantai Batu Putih hari Sabtu siang. Karena siang itu tim SAR justru ada di seputaran situ dan tidak menemukan nelayan terapung. “Tim ada di seputaran situ soalnya”, jelas Steven.

Basarnas Manado dan kelompok masyarakat Posokan Lembeh Utara, hingga hampir seminggu belum juga menemukan 2 nelayan kota Bitung yang hilang sejak Rabu pekan lalu. (21/7-2017). “Kami berharap mujizat dari Tuhan atas nasib mereka”, kata Kepala Kecamatan Lembeh Utara (Lembut), Miyer Parapaga SH, Senin sore. (24/7-2017).

Menurut Camat Lembut, secara swadaya masyarakat Posokan dan Motto serta Nusu dengan bantuan aparat kelurahan setempat sudah melakukan pencarian untuk menemukan nelayan yang hilang tersebut. “Masyarakat setempat bahkan sudah mencari hingga ke Biaro kabupaten Sitaro”, katanya.

Karena sudah mencari ke Utara tetap belum menemukan nelayan lain yang masih hilang, Camat menduga mereka bisa saja hanyut ke arah Timur menuju kepulauan Maluku, meskipun dua nelayan yang ditemukan selamat terdampar di Tangulandang dan Biaro di Utara.  “Kita ragu,  jangan sampai mereka justru hanyut ke arah Maluku”, ujarnya.

Nelayan Posokan dan Motto termasuk yang masih hilang,  biasanya mencari ikan hanya di depan pulau Lembeh sekitar 6 mil laut di depan pesisir kelurahan Posokan dan Motto atau menghadap laut Maluku.

“Kalau nelayan Nusu tempat mencari ikan dekat Batuputih (Bitung daratan di sebelah utara). Sedangkan nelayan Posokan dan Motto tempat mencari ikannya sama hanya di depan Posokan dan Motto”, jelas Miyer.

Pendeta Gereja Sidang Pantekosta di Indonesia jemaat Filadelfia Madidir, Epha Metia STh berharap Robert Mahaling selamat.  “Kami semua berdoa ada mujizat dari Tuhan, sehingga Robert masih hidup dan selamat”, kata pendeta Epha.

Pendeta mengungkapkan hampir setiap tahun ada nelayan kota Bitung yang hilang di laut dihantam badai atau ombak. “Ada beberapa nelayan di sini juga yang hilang beberapa tahun lalu dan sampai kini belum ditemukan”, ungkap pendeta Epha.

Baca juga :    –Inilah 7 Nama Nelayan Bitung yang Dihantam Badai

2 Nelayan Bitung masih Hilang, Istri Sempat Diminta Jemput

Dari 7 nelayan kota Bitung yang hilang sejak Rabu lalu, 1 orang tewas terdampar di Girian Bawah, 4 ditemukan selamat dan 2 orang masih hilang. (Jeffy)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here