Basarnas: Pencarian 2 Nelayan Hilang, Dilanjutkan Dengan Komunikasi Radio

0
385
Kepala Seksi Operasional Kantor Basarnas Manado Djefry Mewoh ikut dalam misi pencarian nelayan yang hilang

Indonesiablitz.com, Bitung – Dari tujuh orang nelayan yang hilang, saat cuaca buruk di Perairan Bitung, pekan lalu, kini masih ada 2 orang nelayan yang masih dinyatakan hilang. Yakni Johanes Dolorang (52) warga Kelurahan Posokan, Kecamatan Lembeh Utara, dan Robert Mahaling (40), warga Kelurahan Madidir Unet, Kecamatan Madidir, Kota Bitung.

Basarnas Manado menghentikan pencarian dengan menggunakan RIB (rubber inflatable boat/ perahu karet), pada Selasa, 25/7/2017. ” Kami tidak menggunakan KN Bimasena, karena wilayah pencarian belum jelas. Namun jika posisi para nelayan yang hilang sudah jelas, kami akan menggerakkan KN Bimasena untuk evakuasi,” kata Kasi Operasional Basarnas Manado, Djefry Mewoh.

Titik pencarian selama 6 hari terakhir, Basarnas Manado menggunakan SAR Map (Peta pencarian), yang terhubung dengan sistem satelit. ” Pencarian selama sepekan terakhir kami lakukan berpatokan pada sistem SAR Map, yang mempertimbangkan kecepatan arus laut dan arah angin. Saat ini pencarian masih kami lanjutkan, yakni dengan komunikasi radio di rakit-rakit nelayan dan kapal yang berada di sekitar titik pencarian,” terang Mewoh.

Apabila para nelayan masih berada di atas perahu dan masih hidup, mereka saat ini berada di wilayah perbatasan Filipina. ” Kami sudah mengajukan ke Kementerian Perhubungan  untuk mengeluarkan Maklumat Pelayaran, yakni himbauan bagi kapal yang berada di alur pelayaran perbatasan Filipina dan Sangihe – Talaud untuk memberikan pertolongan, dan menyampaikan ke kami, untuk evakuasi,” pungkasnya.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here