Darurat Sampah, Crew Kapal Wajib Larang Penumpang Buang Sampah ke Laut

0
531

Indonesiablitz.com, Tahuna – Kebiasaan sejumlah penumpang kapal yang membuang berbagai jenis sampah ke laut, mendapat reaksi pihak Kantor Unit Penyelenggaran Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna. Adolf Janis, KUPP Kelas II Tahuna, bahkan mengingatkan kepada seluruh kru kapal penumpang yang baru tiba maupun yang akan berangkat dari Pelabuhan Tahuna, harus menyampaikan larangan bagi setiap penumpang untuk tidak membuang sampah ke laut.

“Walaupun di masing-masing kapal penumpang telah menyiapkan tempat sampah, tetapi kepada seluruh kru kapal wajib menyampaikan larangan melalui pengeras suara, agar para penumpang tidak membuang sampah ke laut. Kan sudah ada aturannya, setiap kapal penumpang harus menyiapkan tempat sampah, tetapi sebelum kapal berangkat harus ada pengumuman larangan membuang sampah kelaut,” tandas Janis.

Dia juga mengingatkan kepada para penjual yang berada di dalam areal pelabuhan Nusantara Tahuna, untuk menjaga kebersihan di tempat mereka berjualan, jangan sampai ada sampah yang tercecer hingga mengakibatkan areal pelabuhan menjadi jorok. Himbauan juga disampaikan Janis, kepada para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Saya telah perintahkan kepada seluruh jajaran di KUPP Kelas II Tahuna, agar tidak segan-segan menegur siapa saja yang kedapatan membuang sampah sembarangan di laut maupun di areal pelabuhan. Kan di kapal sudah disediakan tempat sampah, jadi buanglah sampah pada tempatnya jangan dibuang kelaut,” ujarnya.

Disisi lain, Kepala Cabang PT PELNI Tahuna, Hamdany Janis, Ketua TKBM, Ferry Kantohe dan Ketua Bagasi Pelabuhan Tahuna, Jhony Bawasal, telah bersepakat dalam menjaga kebersihan di areal pelabuhan, dengan mengingatkan masing-masing anggotanya untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, termasuk mengingatkan pihak-pihak yang setiap harinya melakukan aktivitas di pelabuhan.

“Masalah sampah, bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah atau instansi manapun, tetapi sudah merupakan tanggung jawab kita bersama. Apa yang disampaikan pak KUPP, tujuannya agar laut tidak tercemar dengan sampah plastik, serta areal pelabuhan yang bersih dari sampah, sepanjang kita semua menyadari arti sebuah kebersihan itu,” kata Kacab PT PELNI, Hamdan Janis yang turut diaminkan Kantohe dan Bawasal. (andy)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here