Parapaga: Petani Talaud Harus Lebih Sejahtera

0
669
Tokoh pertanian Kabupaten Kepulauan Talaud, Moktar Arunde Parapaga memberikan cara meningkatkan produksi pala, untuk masyarakat Desa Ambia Kecamatan Esang

Indonesiablitz.com, Talaud – Salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Kepuauan Talaud, Sulawesi Utara, Moktar Arunde Parapaga (MAP) gencar mensosialisasikan ekstensifikasi lahan perkebunan, terutama perkebunan Pala. Baru-baru ini Moktar Parapaga mendatangi Desa Ambia, Kecamatan Essang.

Para petani sangat antusias menyambut kehadiran tokoh masyarakat, Mohtar Parapaga, karena setiap turun ke Desa-Desa selalu memberikan pembekalan menyangkut, cara bertanam Pala yang baik. ” Kami sebagai petani sangat mendukung upaya Pak Moktar, untuk meningkatkan hasil panen petani pala. Apalagi saat turun ke kampung, membawa pupuk MAP, yang dapat meningkatkan hasil pertanian kami,” kata seorang petani Ambia, Yet Pareda.

Menurut tokoh masyarakat Talaud, Moktar Parapaga, berbagai cara harus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani pala. ” Sumber daya alam di Talaud luar biasa, dan tanah di Talaud sangat subur, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan, saya mengajak para petani untuk meningkatkan produksi pala, dengan pupuk daun dan akar MAP,” kata Parapaga.

Dengan pupuk lengkap MAP, pohon pala laki-laki milik warga Desa Ambia, Kecamatan Esang, Kabupaten Kepulauan Talaud, saat ini sudah mulai berbuah. ” Selama ini saya bertanam buah pala, tidak pernah pohon pala laki-laki berbuah, namun dengan memberikan pupuk MAP, kini pohon pala laki-laki bisa menghasilkan buah, ” kata Yet Pareda.

Menurut Moktar Arunde Parapaga, pupuk MAP adalah hasil tim ahli, di bidang pertanian modern, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian. ” Dengan pupuk MAP, hasil produksi buah pala dapat meningkat lebih dari 100 %. Jika dalam kondisi tanpa pupuk MAP, menghasilkan 50 kg/ tahun maka dengan pemberian pupuk MAP, dapat meningkatkan hasil hingga 100 kg/tahun,” tambah Parapaga.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here