Filipina Incar Ikan Sangihe

1
316
Konsul Jenderal Filipina di Manado, Oscar Orcine Kunjungi Bupati Sangihe Jabes Gaghana

Indonesiablitz.com, Tahuna –Konsulat Jenderal (Konjen) Filipina di Manado,  Oscar G. Orcine bersama beberapa stafnya menemui Bupati  Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, di ruang kerjanya Senin (4/9). Dihadapan Bupati, Mr. Orcine menanyakan tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang perdagangan, pendidikan dan pariwisata yang pernah dibuat antara Pemkab Sangihe dengan pemerintah Filipina Bagian Selatan di masa pemerintahan sebelumnya.

Hal yang paling serius dibahas dalam pertemuan tersebut, menyangkut perjanjian kerja sama perdagangan ikan antar kedua Negara. Oscar Orcine, yang sebelumnya menjadi Duta Besar Filipina, sebelum menjabat Konjen Filipina di manado, mengagumi potensi sumber daya laut Indonesia, khususnya di perairan Kepulauan Sangihe yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Filipina.

“Sebuah keinginan besar dari pemerintah Filipina, agar MoU dalam sektor perdagangan dan perikanan bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah saat ini, termasuk masalah pendidikan dan pariwisata,” ujar  Orcine.

Menyikapi hal itu, Gaghana memberi respon positif atas kunjungan Konjen Filipina, sembari menyatakan sesegera mungkin pemerintah daerah akan menindaklanjuti permintaan pemerintah Filipina tersebut. “Inti dari pertemuan itu, selain mempererat hubungan antar kedua Negara, lebih khusus dengan pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang merupakan daerah berbatasan langsung dengan Negara tetangga Filipina bagian Selatan,” ujar Gaghana.

Menyangkut realisasi perjanjian kerjasama di bidang perdagangan, pendidikan dan pariwisata, Bupati mengatakan, pihaknya akan membahasnya dengan pimpinan instansi terkait, untuk kemudian ditindaklanjuti, sebagaimana dikehendaki pemerintah Filipina. Wilayah perbatasan Indonesia-Filipina memiliki sejarah hubungan dagang tradisional, yang dikenal sebagai jalur Border Cross Area (BCA).

Dalam kesempatan itu Konjen filipina Oscar Orcine ,memberikan jawaban soal status Warga Negara Indonesia yang tinggal sejumlah wilayah di Filipina Selatan, dimana pemerintah Filipina, tetap memberikan kesempatan bagi anak-anak Indonesia asal Sangihe, untuk bisa mengenyam pendidikan di Filipina. Namun ia balik bertanya, jika anak-anak itu lulus dan diberikan ijazah dari sekolah tingkat SMP, jika mereka kembali ke Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di tingkat SLTA, apakah ijazah mereka akan diterima oleh pemerintah Indonesia. (andy)

Advertisements

1 COMMENT

  1. I often visit your site and have noticed that you don’t update it often. More
    frequent updates will give your page higher rank & authority in google.
    I know that writing articles takes a lot of time, but you can always help yourself with
    miftolo’s tools which will shorten the time of
    creating an article to a couple of seconds.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here