Theodore Siswa SMAN 2 Bitung Masuk Tim U-15 Indonesia

0
4431
Theodore Pongoh (kanan) bersama Kepala SMAN 2 Bitung, Jootje Tumiwa. (foto.Jeffry)

Indonesia Blitz, Kota Bitung  –  Seorang siswa kelas 10 IPA 2 SMA Negeri 2 kota Bitung, Sulawesi Utara, Theodore Pongoh, terpilih menjadi salahsatu dari 22 pemain inti tim Garuda Indonesia U-15 yang akan bertanding di Kinabalu, Malaysia, Oktober 2017.

Untuk berlaga dalam ajang internasional ini, tim SBAI (Sepak Bola Anak Indonesia) yang bernaung di bawah PSSI memang hanya memilih anak-anak berbakat dalam bidang sepakbola dari beberapa daerah,  seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Samarinda, Kota Bitung dan Kota Kotamobagu.

Pemuda yang memiliki tinggi 166 Cm ini mengaku sangat bangga bisa terpilih menjadi salahsatu anggota tim sepakbola Indonesia dalam ajang internasional Malaysia Borneo Football Cup 2017 yang diikuti 8 negara. “Saya sangat senang bisa terpilih, bisa menambah motivasi. Kita kwa pe cita-cita dari dulu mau maso timnas (Cita-cita saya sejak dulu ingin masuk Timnas)”, ujarnya kepada Indonesia Blitz, di Bitung,  Kamis siang (28/9-2017).

Theo – panggilan akrabnya -, memang tidak mengira bisa terpilih untuk masuk dalam tim usia-15, namun ternyata ada agen atau orang khusus dari Jakarta, yang datang menyaksikan permainannya ketika ia sedang berlaga bersama Persbit Bitung di Manado. “Saat itu saya sedang bermain dengan tim Persbit Bitung.   Tiba-tiba ada seorang bapak menanyakan untuk ikut dalam Tim U-15. Saya langsung setuju”, tutur gelandang Persbit yang sering memakai nomor punggung 6.

Hentje Pongoh,  ayah Theo yang saat ini sebagai Dosen Ilmu Penerbangan di Universitas Trisakti Jakarta, mengaku gembira anaknya bisa masuk dalam tim sepakbola U-15.

Menurut dia, tim SBAI memang sudah lama mengincar Theo, karena mereka pernah menyaksikan putra keduanya ini,  bertanding bersama tim Forsa Manado di Bandung, Jawa Barat,  dua tahun lalu. “Tim seleksi memang sudah melihat dia bermain bersama kesebelasan Forsa Manado, Sulut,  di Bandung. Dari situ mereka tertarik untuk merekrutnya di tim U-15 yang akan ke Malaysia nanti,” ungkap Hentje.

Malaysia Borneo Football Cup 2017 akan digelar di dua stadion utama Malaysia Timur di Kinabalu, Sabah, dan diikuti tim sepakbola dari Australia, Indonesia, Thailand, Filipina, Hong Kong, India, China serta Malaysia.

Turnamen tahunan yang sudah 10 kali digelar ini, terdiri dari 6 kategori yakni usia 11, 12, 13, 14, 15 dan 16 tahun. Khusus U-15, pertandingannya digelar sejak 3 hingga 5 Oktober 2017.

Dengan terpilihnya Theodore ke ajang sepakbola internasional, Hentje berharap akan ada lagi putra-putra daerah Kota Bitung maupun Sulawesi Utara bisa seperti itu. “Torang berharap ke depan putra-putra dearah Bitung dapat berprestasi di tingkat nasional hingga internasional”, kata Hentje yang kini tercatat sebagai  pembina Bitung Football Club.

Karena itu, ia meminta agar ada dukungan orangtua terhadap anak-anak di kota Bitung yang berbakat dalam bidang olahraga khususnya sepakbola. Ia yakni jika ada peran aktif orangtua, anak-anak akan bisa berprestasi. “Semoga terpilihnya Theo ikut dalam ajang sepakbola internasional ini dapat memotivasi anak-anak di Bitung”, ujarnya.

Theodore Pongoh saat hendak berlatih di lapangan Sari Cakalang kota Bitung. (dok-pribadi)

Main Sepakbola Sejak SD

Theo sendiri mengakui ia sebenarnya sudah sejak kecil tertarik bermain sepakbola. Setiap hari jika ada kesempatan, ia lebih suka bermain bola ketimbang permainan lainnya. “Saya sebenarnya diarahkan oleh papa untuk masuk sekolah penerbang, tapi saya bilang cita-cita saya ingin jadi pemain sepakbola profesional”, kata Theo yang sudah sering berlatih sepakbola sejak kelas 2 Sekolah Dasar.

Pemuda warga Winenet kecamatan Aertembaga yang mengidolakan klub sepakbola Real Madrid ini,  juga mengatakan tetap mengutamakan sekolah meskipun sering berlatih sepakbola. “Kalau sore pulang sekolah baru main bola. Malam belajar pelajaran sekolah”, katanya.

Theo mengaku sudah berkemas-kemas untuk segera berangkat mengikuti Training Camp (TC)  atau pemusatan latihan untuk penyesuaian dengan teman setim berberapa hari di Jakarta. Usai TC mereka akan berangkat 2 Oktober ke Kinabalu untuk bertanding.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bitung, Jootje Tumiwa, terlihat bangga ada siswanya bisa masuk dalam tim U-15 Indonesia. Sebagai dukungan atas prestasi anak didiknya ini, Kepsek memberi dispensasi untuk tidak mengikuti ulangan midsemester, karena jadwalnya bertepatan dengan keberangkatan Theo ke Malaysia. “Kami beri dispensasi kepadanya untuk ikut ulangan susulan sesudah ia kembali dari Malaysia”, kata Tumiwa.

Menurut Kepsek, pihaknya langsung memberikan rekomendasi keikutsertaan Theodore, setelah menerima surat permohonan dari organisasi pembina tim U-15 di Jakarta.

SMAN 2 Bitung memang dikenal sebagai gudang anak berprestasi. Sejak dulu sekolah favorit ini, sudah menghasilkan banyak siswa juara di bidang olahraga seperti bulutangkis, basket, karate  baik tingkat daerah maupun nasional. Kini prestasi sekolah ini bertambah dengan terpilihnya Theodore Pongoh menjadi pemain nasional yang bertanding hingga ke luar negeri. (Jeffry)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here