Pemain Sulut Antar Timnas U-15 ke Final di Malaysia

0
1388
Theodore Pongoh (kanan-berlutut sambil angkat tangan) bersama skuad U-15 yang bersujud berterima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas kemenangan mereka lolos ke final Malaysia Borneo Cup 2017. (foto.hentje pongoh)

Indonesia Blitz, Kota Bitung  –  Empat pemain muda asal Sulawesi Utara masing-masing Theodore Pongoh (dari Kota Bitung), Kluivino Momintan, Yani Iskandar dan Alvansyah Bara (ketiganya dari Kota Kotamobagu), berhasil mengantar Tim Nasional (Timnas) Indonesia Usia-15 lolos ke babak final Malaysia Borneo Cup 2017 di Kinabalu, hari Rabu (4/10- 2017).

Theodore Pongoh (Theo) memang dikenal sebagai gelandang serang yang cukup mumpuni. Pemain Persbit dan Bitung City Football Club Kota Bitung ini, mampu melakukan permainan cantik dalam perannya memberikan umpan kepada rekan-rekannya pemain sayap kiri Kluivino Momintan (Kliv)  dan sayap kanan Muh. Yani Iskandar (Cani) menciptakan gol ke gawang lawan.

Kliv, Cani dan Alvansyah (Yayang) gelandang serang dikenal sebagai pemain Bintang Muda Matali di Kota Kotamobagu. Bersama Theo siswa SMAN 2 kota Bitung, mereka  menjadi andalan skuad Timnas Indonesia U-15 Sepak Bola Anak Indonesia (SBAI) yang bernaung di bawah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Inilah andalan skuad U-15 Indonesia yang berlaga di Malaysia Borneo Cup 2017. (Dari kiri) Alvansyah Bara, Kluivino Momintan, Theodore Pongoh dan Muh. Yani Iskandar. (foto.hentje pongoh)

Skuad U-15 Indonesia ini dalam dua babak pertandingan terlihat begitu tangguh bagi lawan-lawannya dalam laga perdana di Stadion Penampang, Kota Kinabalu, Malaysia Timur.

Menurut laporan Hentje Pongoh, salahsatu pembina Bitung Football Club secara langsung dari Negara Bagian Sabah, Malaysia Timur kepada Indonesia Blitz, tadi siang sekitar jam 13.19 waktu Malaysia (sama dengan WITA), dalam pertandingan itu, skuad Indonesia menang dua kali.

Pertama jam 09.00 wita melawan SMK Labuan Malaysia dengan skor akhir 6-0 untuk kemenangan tim Indonesia. 6 gol ini dicetak oleh Kliv 3 gol, Dance 2 gol & Akmal 1 gol.

Kemenangan kedua tercipta ketika tim Indonesia pada jam 11.30 wita melawan PSW Academy Thailand dengan skor akhir 1-0 untuk kemenangan Indonesia. Gol tunggal ini juga dicetak pemain asal Sulut, M. Yani Iskandar (Cani).

Dengan dua kemenangan hari ini,  memastikan tim Indonesia masuk ke babak final U-15 Malaysia Borneo Cup 2017 pada hari Kamis tgl 5 Oktober 2017 yang akan berlangsung di Stadion Likas, Kota Kinabalu.  Kemungkinan besar skuad U-15 SBAI Indonesia asuhan Coach Irwandi ini,  akan menghadapi tim tuan rumah DPM Malaysia pada jam 14.30 wita.

Malaysia Borneo Cup merupakan kompetisi sepakbola tahunan untuk kelompok umur (usia) 16, 15, 14, 13, 12 & 11 tahun yang dilaksanakan Malaysia Timur sejak tahun 2007 lalu.

Tahun ini adalah yang ke-10 Malaysia Borneo Cup digelar dan berlangsung sejak 24 September hingga 7 Oktober 2017 dan diikuti oleh tim-tim nasional dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, India, Hong Kong dan Australia.

Tim Indonesia menurunkan 4 skuadnya untuk mengikuti kompetisi Malaysia Borneo Cup 2017 pada katagori U-12, U-13, U-14 dan U-15.

Acara pembukaan Malaysia Borneo Cup 2017 hari Rabu untuk kategori Usia 15 Tahun diikuti 6 tim antara lain: SBAI Indonesia, PSW Academy Thailand, SMKP Labuan Football Academy Malaysia, DPM Sports School Malaysia, SMK Kinarut Malaysia & TABS Malaysia.

Yang membanggakan, upacara pembukaan ini diawali pertama kali dengan diperdengarkannya Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya” kemudian disusul dengan lagu kebangsaan Thailand dan Malaysia.(Jeffry)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here