Hanya Latihan Singkat Tim U-15 Indonesia Raih Juara di Malaysia

0
467
Timnas U-15 Indonesia bergembira ketika berhasil meraih Juara 2 di Malaysia Borneo Cup 2017. (foto.hentje pongoh)

Indonesia Blitz, Kinabalu –  Tim Nasional (Timnas) Indonesia Usia-15 yang dimotori 4 pemain muda asal Sulawesi Utara, berhasil meraih juara kedua di Malaysia Borneo Cup 2017 di Kinabalu, hari Kamis (5/10- 2017).

Kemenangan ini suatu prestasi dan sangat disyukuri para pemain dan official tim Indonesia,  karena meski hanya melakukan latihan bersama sangat singkat 2 hari di Training Center di Jakarta, namun mereka berhasil meraih juara. Bahkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi direncanakan menerima timnas U-15 Indonesia ini,  bersama dengan timnas U-14 Indonesia yang meraih juara 1 hari Minggu 8 Oktober 2017 di Jakarta.

Menurut laporan Pembina Bitung City Football Club (BCFC), Jantje Pongoh, langsung dari Kinabalu kepada Indonesia Blitz, Indonesia menurunkan 4 skuadnya dalam kompetisi Malaysia Borneo Cup 2017 ini yakni pada katagori U-12, U-13, U-14 dan U-15.

Ajang ini termasuk bergengsi karena Malaysia Borneo Cup tidak hanya diikuti oleh tim-tim nasional Malaysia saja, namun peserta datang juga dari Filipina, Thailand, India, Hong Kong dan Australia.

Itulah sebabnya, untuk berlaga dalam ajang internasional ini, tim Sepak Bola Anak Indonesia (SBAI) yang bernaung di bawah PSSI memang hanya memilih anak-anak berbakat dalam bidang sepakbola dari beberapa daerah,  seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Samarinda, Kota Bitung dan Kota Kotamobagu.

Empat pemain Sulut yang menjadi andalan squad Timnas U-15 Indonesia adalah Theodore Domingo Huibert Henry Pongoh (Kota Bitung), Kluivino Momintan, Yani Iskandar dan Alvansyah Bara (ketiganya dari Kota Kotamobagu).

4 pemain Sulawesi Utara yang memperkuat Timnas U-15 Indonesia usai meraih juara 2 di Malaysia Borneo Cup 2017. Dari kiri – Muh. Yani, Alvansyah Bara, Theodore Pongoh dan Kluivino Momintan. (foto.Hentje Pongoh)

Partai final kompetisi sepakbola U-15 Malaysia Borneo Cup 2017 digelar sekitar jam 14.30 wita di Stadion Likas, Kota Kinabalu, Malaysia Timur. Partai final ini mempertemukan peringkat pertama klasemen yaitu tim Indonesia dengan peringkat kedua yaitu tim DPM Malaysia.

Sebelum pertandingan dimulai, kedua skuad dari negara yang saling bertetangga ini berbaris di tengah lapangan untuk mendengarkan lagu kebangsaan masing-masing. Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang pertama kali kemudian disusul dengan lagu kebangsaan Malaysia.

Partai final ini berlangsung selama 25 menit x 2 babak. Pada babak pertama skuad Indonesia & DPM Malaysia saling melakukan serangan. Skuad Harimau Muda Malaysia terus menekan benteng pertahanan Garuda Muda Indonesia yang dikawal oleh 3 pemain asal Sulut,  Theodore Pongoh, Alfiansyah Bara & Kluivino Momintan,  namun serangan mereka belum membuahkan gol. Posisi masih berimbang. Sampai dengan berakhirnya 25 menit pertama skor masih 0:0.

Setelah jeda istirahat selama 10 menit dan masuk babak kedua, tim tuan rumah Malaysia semakin gencar menyerang pertahanan skuad Indonesia dan menghasilkan gol yang pertama. Skor 1:0 untuk Malaysia.

Skuad Indonesia dengan striker asal Sulut, M. Yani Iskandar & Dance Kambu pun kembali balas menekan jantung pertahanan Malaysia, sehingga terjadi pelanggaran oleh skuad DPM Malaysia beberapa meter di depan kotak pinalti.

Wasit pun memberikan hadiah tendangan bebas kepada tim Indonesia. Pemain asal Papua, Dance Kambu melakukan tendangan bebas yang langsung mengarah ke gawang tim Malaysia dan membuahkan gol pertama untuk tim Indonesia. Papan skor pun berubah menjadi 1:1.

Menjelang 5 menit berakhirnya babak ke-2, tim Malaysia melakukan serangan secara gencar dan akhirnya gawang tim Indonesia yang dijaga oleh kiper asal Jabar, M. Azka Vidriansyah pun akhirnya kebobolan. Papan skor kembali berubah menjadi 2:1 untuk kemenangan tim Malaysia.

Sayang sampai wasit meniup peluit terakhir di menit ke 55,  tim Indonesia masih belum bisa menambah gol. Akhirnya tim tuan rumah, DPM Malaysia pun menggondol gelar juara pertama dalam Borneo Cup 2017 katagori U-15 ini. Tim Indonesia harus puas menjadi juara kedua (Runner-Up) diikuti tim PSW Academy Thailand sebagai juara ketiga.

Sebagai ungkapan syukur Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Kota Kinabalu akan menjamu tim U-15 di rumah negara hari Jumat 6 Oktober 2017. Mereka juga akan menerima piagam penghargaan dari KJRI atas prestasinya sebagai Juara-2 U-15 Malaysia Borneo Cup 2017. (Jeffry)

Tim U-15 SBA Indonesia antara lain:

  1. Mochammad Jiddan (Jatim)
  2. Titto Asmara Mukti (Jatim)
  3. Brian Imanda Oktavianto (Jatim)
  4. Joan Vito Rayhan Heryanto (Jabar)
  5. David Hafizhan (Jabar)
  6. Theodore Domingo Huibert Henry Pongoh (Bitung-Sulut)
  7. Muhammad Ryan Iqbal (Jabar)
  8. Dance Kambu (Papua)
  9. Kluivino Diego Momintan (Kotamobagu-Sulut)
  10. Muhammad Alvansyah Putra Bara (Kotamobagu-Sulut)
  11. Muhammad Yani Iskandar (Kotamobagu-Sulut)
  12. Muhammad Azka Vidriansyah (Jabar)
  13. Muhammad Syamli Syamsul (Kota Kinabalu)
  14. M. Zaenal Arif (Kaltim)
  15. Agmal Zulfiandi (Kaltim)
  16. Rangga Hermawan (Kaltim)
  17. Yoga Eko Pratama (Kaltim)
  18. Ahmad Riyandy Syahrillah (Kaltim)
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here