Laporan Korupsi Dandes Menumpuk di Kejari, Tak Satupun Kapitalaung Tersangka

0
492
Kajari Tahuna, Kep. Sangihe, M Irwan Datuinding

indonesiablitz.com, Tahuna – Laporan kasus dugaan penyelewengan Dana Desa (Dandes) yang masuk di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sangihe sudah cukup banyak, bahkan terkesan menumpuk, namun hingga saat ini hanya sebagian kecil yang diproses. Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepulauan Sangihe, Muhamad Irwan Datuinding SH MH, mengaku, jika laporan warga terkait kasus dugaan penyelewengan Dandes cukup banyak yang masuk, namun hanya sebagain kecil laporan yang disertai barang bukti, sedangkan laporan lainya hanya nama-nama orang saja tanpa disertai bukti.

“Sudah banyak laporan kasus dugaan penyelewengan Dandes, tetapi hanya sebagian kecil yang bisa diproses karena laporan itu tak  disertai dengan bukti adanya keterlibatan oknum Kapitalaung. Sedangkan laporan lainya hanya nama-nama orang tanpa disertai bukti penyimpangan,” kata Datuinding.

Akan hal ini, Kepala Bidang (Kabid) Penerangan LSM Badan Investigasi Aset Negara (BIAN) Sangihe, Julian Polohindang mengatakan, mestinya pihak Kejari lebih proaktif turun lapangan ketika menerima laporan warga terkait kasus Dandes. Tidak harus menunggu laporan disertai bukti.

“Mungkin saja warga yang melapor kasus Dandes, tidak tahu cara membuat laporan, sehingga yang dilaporkan hanya nama-nama orang yang diduga terlibat dalam penyelewengan Dandes. Kalau pihak Kejari serius, setiap laporan warga ditindak lanjuti, dengan memanggil nama-nama yang tertera dalam laporan, untuk diklarifikasi,” ujar Polohindang.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kepulauan Sangihe, Zaka Talpatty SH MH saat dikonfirmasi indonesiablitz.com, Rabu petang kemarin, menyatakan bahwa dalam setahun terakhir ini, pihaknya belum pernah menyidangkan perkara Korupsi Dana Desa. “Sejauh ini, Pengadilan Negeri Tahuna, belum pernah menyidangkan perkara dana desa, belum ada itu pak,” pungkas Talpatty. (onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here