Partai Nasdem Bitung Kelebihan Anggota

0
528
Ketua DPD Partai Nasdem Kota Bitung, Norry Supit didampingi Sekretaris Ramlan Ifran, menerima formulir bukti tanda terima berkas lengkap dari komisioner KPU Bitung, Selvi Rumampuk (kiri). (foto.jeffry)

Indonesia Blitz, Kota Bitung  – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) kota Bitung menjadi partai pertama yang langsung 100 persen lengkap berkasnya saat mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, Jumat (13/10-2017). Selain itu, jumlah anggota Partai Nasdem Bitung (hardcopy), malah melebihi data yang ada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Jumlah berkas manual yang kami masukan tercatat 241 anggota,  ternyata di Sipol hanya 234 jadi ada kelebihan 7 anggota “, ungkap Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Bitung, H. Ramlan Ifran kepada Indonesia Blitz usai menghitung daftar anggota yang dimasukkan ke KPU Bitung.

Menurut Anggota KPU Bitung, Selvie Rumampuk, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 11 tentang syarat-syarat pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta Pemilu 2019,  setiap Parpol wajib memiliki anggota paling sedikit 1.000 atau 1/1.000 dari jumlah penduduk.

Karena penduduk Kota Bitung menurut data terakhir Kementrian Dalam Negeri berjumlah 221.209 jiwa, maka semua Parpol di Bitung termasuk Nasdem paling sedikit harus memiliki jumlah anggota 221 orang. Jadi dengan jumlah 234 anggota yang dimasukkan dalam pendaftaran, partai Nasdem Bitung sudah memenuhi syarat.

Selvie Rumampuk, yang juga Ketua Kelompok Kerja Pendaftaran & Verifikasi Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019, menyebutkan selama masa pendaftaran dibuka sejak 3 Oktober lalu,  baru Partai Nasdem kota Bitung satu-satunya partai yang ketika mendaftar langsung 100 persen lengkap. “Setiap partai mesti masukan data KTA dan KTP sesuai dengan jumlah yang ada di Sipol. Nasdem kota Bitung sudah sesuai. Jumlahnya 234 dan itu sudah diterima oleh KPU Bitung”, jelas Rumampuk.

Ramlan yang juga anggota DPRD kota Bitung, tampak sumringah setelah formulir bukti atau surat tanda terima berkas yang lengkap langsung diberikan KPU Bitung. “Ini bukti kita sudah bekerja baik. Karena torang sejak 2 bulan lalu sudah mempersiapkan  semua berkas. Jadi sudah tidak kaget menghadapi pendaftaran ini”, ungkap Ramlan.

Berkas pendaftaran Partai Nasdem kota Bitung dibawa langsung Ketua DPD partai Nasdem Bitung, Norry Supit didampingi H. Ramlan Ifran dan Liaison Officer (LO) atau petugas penghubung Nancy Thomas.

Ikut pula anggota DPRD Bitung lainnya dari Partai Nasdem,  Alexander Wenas, Keegan Kojoh serta Julitje Maringka serta para ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dari 8 kecamatan se kota Bitung.

Mereka diterima tiga komisioner KPU Bitung yakni Ketua  Josep Sammy Rumamby, anggota Selvie Rumampuk,  dan Idhli Ramadhiani Fitriah.

DPD Nasdem Bitung memang mendaftar ke KPU,  secara serentak bersama DPD Partai Nasdem se Indonesia. Uniknya, para pengurus teras DPD Partai Nasdem Bitung berangkat dari sekretariat di Madidir hanya naik angkutan dalam kota atau mikrolet. “Sesuai instruksi dari pusat, kami diminta lebih mengedepankan kesederhanaan, sebab itu pergi dan pulang saat mendaftar kami hanya naik angkot”, jelas Ramlan.

Ketua DPD Partai Nasdem Bitung, Norry Supit, juga merasa gembira karena pendaftaran partai mereka di KPU Bitung berjalan sukses. “Data-data yang diminta KPU sudah kami laksanakan, karena ini kan partai Nasdem satu garis dari DPP sampai DPD kabupaten/kota. Jadi apa yang dilakukan oleh DPP,  harus kita lakukan sesuai permintaan DPP. Jadi kami sudah laksanakan, sudah mendaftar dan selesai sukses”, kata Supit.

Tentang ada kelebihan jumlah anggota yang didaftarkan ke KPU Bitung,  Norry mengakui hal itu memang menjadi cadangan untuk mengantisipasi,  jika terjadi kekurangan. “Kami masukkan 234, namun ada lebih karena kami persiapkan jika ada kekurangan. Tapi karena tidak ada yang kurang, maka yang lebih itu kami ambil pulang”, ujarnya.

Ketua DPD Partai Nasdem Bitung ini bersama Sekretarisnya, Ramlan Ifran, terlihat turun langsung menghitung dan memverifikasi ulang satu-persatu nama dalam daftar anggota sebelum diserahkan kepada KPU.

Sampai pukul 13.00 Wita hari ke-11 atau 3 hari menjelang penutupan pendaftaran, baru 3 Parpol yang mendaftar di KPU Bitung. “Sejak dibuka 3 Oktober lalu, baru 3 partai yang mendaftar di KPU Bitung, masing-masing Perindo, PDI-Perjuangan dan partai Nasdem hari ini. Partai lain ada informasi akan menyusul  sampai pada 16 Oktober 2017 nanti”, kata Ketua KPU Kota Bitung, Josep Sammy Rumamby.

Ada kemungkinan jumlah parpol peserta pemilu 2019 akan bertambah dibanding pada pemilu 2014 lalu, karena KPU pusat menyebutkan ada 73 parpol yang berhak mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2019.

“Sesuai regulasi saja, KPU meminta daftar parpol ke Kemenkumham. Kemudian dikeluarkan daftarnya dan ada 73 parpol terdaftar sebagai badan hukum partai politik,” ungkap Ketua KPU RI Arief Budiman kepada wartawan di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/10).

Dari 73 parpol itu, 30 parpol telah menunjuk Liaison Officer sebagai mandat untuk penghubung ke KPU. Sebanyak 25 parpol telah memiliki username dan password serta telah melakukan pemasukkan data ke Sipol. (Jeffry)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here