Kerusakan Akibat Badai dan Gelombang Tinggi Senilai Rp 11,5 M

0
253
Badai terjang Kepulauan Sangihe. Tampak dalam gambar salah satu rumah warga Kampung Karatung 1, Kecamatan Manganitu rusak tertimpa pohon roboh

indonesiablitz.com, Tahuna – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, mengajukan bantuan 11,5 miliar ke pada Pemerintah Pusat, untuk perbaikan kerusakan sejumlah infrastruktur, sekolah dan rumah warga akibat hantaman badai angin kencang dan ombak besar, yang terjadi di sejumlah wilayah di negeri Tampungang Lawo, Sangihe.

Kepala Bagian Pembangunan Setda Sangihe Drs Yopie Warouw, kepada wartawan, Kamis kemarin menyatakan, berdasarkan arahan dari Bupati, pihaknya telah mengajukan proposal bantuan ke pemerintah pusat melalui Kementrian PU dan Perumahan Rakyat dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional di Jakarta.

“ Setelah kami kalkulasi kerusakan rumah dan infrastruktur akibat badai dan hantaman ombak senilai Rp 11,5 miliar. Kami mengajukan bantuan yang ke pemerintah pusat melalui Kementrian PU dan Perumahan Rakyat serta Badan Penanggulangan Bencana Nasional, yang akan digunakan memperbaiki kerusakan akibat badai angin kencang dan ombak besar  yang terjadi beberapa waktu lalu,” ujar Warouw.

Dia menambahkan, beberapa wilayah yang terdampak akibat bencana badai itu, masing-masing, Kampung Para satu, Kampung Taleko Batusaiki Kecamatan Tatoareng, Kecamatan Kendahe, Kelurahan Santiago Kecamatan  Tahuna Barat, yang kerusakanya rata-rata tanggul pengaman ombak. Sementara di Pantai Kampung Mala Kecamatan Manganitu, sejumlah rumah warga rusak parah serta puluhan pohon kelapa tumbang. Selain itu, fasilitas berupa gedung sekolah SD YPK GMIST Apenglawo Para satu mengalami kerusakan yang cukup parah, gedung sekolah yang berada di tepi pantai ini ambrol akibat dihantam ombak.

Meski demikian, proses belajar mengajar tetap dilakukan dengan fasilitas seadanya. “Para siswa ini belajar tanpa lagi menggunakan meja belajar, tapi hanya mengunakan kursi,” tutur Warouw. (onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here