Kepala Desa Sangihe Bakal Belajar Teknologi Pertanian ke China

0
640
Kepala Desa Sangihe Akan Belajar Pertanian ke China

indonesiablitz.com, Tahuna – Seperti kata pepatah ” Tuntutlah Ilmu Hingga ke Negeri China”. Hal ini karena peradaban China lebih maju dibandingkan peradaban besar lainnya di dunia. atas dasar itulah,  sebanyak lima puluh Kepala Kampung (Kapitalaung) dari berbagai wilayah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, bakal melancong ke Negeri Tirai Bambu China.

Pemberangkatan para pemimpin kampung itu, sebagai bentuk penghargaan pemerintah daerah atas kinerja baik mereka dalam mengelola Dana Desa (Dandes). Rencananya, tambah Kawasa,  mereka akan berangkat pada akhir bulan November atau awal Desember 2017.

“Ini sebagai bentuk penghargaan bagi para Kapitalaung yang bekerja baik dalam merealisasikan dana desa di Kampung yang dipimpinya. Olehnya, mereka diberi penghargaan untuk bisa mengikuti Study Banding (Studing) di sebuah wilayah pertanian yang ada di Negara China,” ujar Sekertaris Daerah, Edwin Roring, disela acara pertamuan dengan 145 Kapitalaung di Aula Pendopo Rumah Jabatan Bupati.

Menurut Edwin Roring  pemberangkatan lima puluh Kapitalaung ke China itu, untuk memotivasi Kapitalaung lainya agar bisa meningkatkan pola kerja yang lebih baik dan efektif dalam merealisasikan Dandes.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM), Drs Tienmart Kawasa, mengatakan, keseluruhan dana perjalanan dinas termasuk pengurusan Pasport para Kapitalaung yang akan studing ke China, diambil dari pos perjalanan dinas yang bersumber dari Dana Desa.

“Pemerintah daerah, hanya memfasilitasi keberangkatan para Kapilataung, tetapi kalau menyangkut dana yang akan digunakan, semuanya berasal dari pos perjalanan dinas mereka yang sudah tertata dalam dana desa,” ujar Kawasa. (onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here