Ambat: Kinerja Buruk, JEG-HH Harus Ganti Jabatan Sekda

0
581
Drs Matheos Ambat . Warga mempertanyakan sisa dana Pilkada Sangihe.

Indonesiablitz.com, Tahuna – Arus desakan agar jabatan Sekertaris Daerah (Sekda) Kepulauan Sangihe diganti, kian kencang mengalir dari berbagai elemen rakyat Negeri Tampungang Lawo, Sangihe. Mereka menyebutkan, Edwin Roring yang saat ini menjabat sebagai Sekda dinilai tidak mampu menjabarkan program pemerintahan Jabes Ezar Gaghana-Helmud Hontong (JEG-HH) secara elegan dan utuh.

Drs Matheos Ambat, salah seorang tokoh masyarakat Sangihe, mengungkapkan hal tersebut kepada indonesiablitz.com, Jumat (5/1). Eks birokrat yang sangat menguasai aturan pemerintahan itu menyatakan, agar birokrasi pemerintahan berjalan secara baik dan tertib, maka jabatan Sekda harus diganti dengan pejabat yang mampu mengimbangi laju dari kinerja pimpinan daerah serta lebih focus dalam menata administrasi pemerintahan.

“Sudah dari awal saya punya keinginan agar jabatan Sekda diganti dengan pejabat putra daerah agar lebih fokus berada di daerah. Tidak seperti Sekda saat ini yang sering meninggalkan daerah meskipun tidak ada urusan penting,” tegas Ambat.

” Contohnya, pada saat perayaan Natal, beliau tidak berada di tempat. Sebagai bagian dari warga Sangihe, saya berharap agar Bupati dan Wakil Bupati lebih tegas dalam menyikapi ketimpangan dalam pelaksanaan pemerintahan akibat ulah oknum-oknum pejabat yang tidak bertanggung jawab,” tambah Ambat.

Disinggung soal sosok pejabat putra daerah yang lebih layak menggantikan Roring, Ambat mengatakan, pejabat tersebut punya kualitas serta kemampuan di atas dari seorang Roring yang nota bene hanya merupakan pejabat titipan.

“Saya tidak perlu menyebutkan identitas pejabat putra daerah yang layak menggantikan Roring, karena keyakinan saya, Pak bupati dan Pak wakil bupati sudah sangat tahu pejabat dimaksud, karena selama ini pejabat tersebut sangat dominan dalam menjabarkan program pemerintahan JEG-HH,” katanya lagi.

Sementara itu, Sekda Kepulauan Sangihe, Edwin Roring, ketika dikonfirmasi media ini, melalui pesan singkat, tidak menjawabnya. Sedangkan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, hingga saat ini belum memberikan pendapat terkait desakan warga yang menginginkan agar posisi Sekda dijabat oleh putra daerah.

Meskipun desakan dari masyarakat Sangihe untuk mengganti Sekda Edwin Roring menguat, namun jabatan tersebut bukan menjadi kewenangan Bupati dan Wakil Bupati semata. Dalam proses seleksi Sekda, campur tangan Pemerintah Provinsi, cukup besar untuk meloloskan orang yang duduk di Kursi Orang nomor tiga tersebut. (Onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here