Masyarakat Kecewa, Patra Online Belum Aktif

0
323
Terkendala kekurangan tenaga, meskipun sudah Launching sejak 30 Nopember 2017, Patra Online belum beroperasi.

Indonesiablitz.com, Bitung – Meskipun sudah di Launching pada akhir Nopember 2017, namun Patra Online (Pasar tradisional Onine), hingga hari ini (Selasa, 9/1/2018) belum aktif. Padahal sejumlah warga menanti-nantikan pasar tradisional tersebut, untuk belanja kebutuhan pokok, sayuran dan buah-buahan segar.

Salah seorang warga Kelurahan Winenet Lutpiady Uppy, mengaku kecewa Patra Online belum aktif. ” Meskipun rumah kami hanya 1 km dari pasar, namun saat turun hujan saya mencoba aplikasi Patra Online, namun setelah mencoba beberapa kali, ternyata tidak aktif. Padahal saya harus membeli kebutuhan pokok, karena stok di rumah habis,” ungkap Uppy kecewa.

Menanggapi masalah tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Bitung, Benny Lontoh, mengatakan bahwa pihaknya kekurangan tenaga operasional untuk menghandle sirkulasi barang di Pasar Sagerat dan Pasar Winenet.

” Terus terang aplikasi Patra Online memang belum aktif, baru di Soft Launching pada 30 Nopember 2017. Saat ini kami kekurangan tenaga-tenaga operasional Patra Online, terkait habisnya masa kontrak THL ( Honorer ) pada akhir Desember,” terang Lontoh.

Menurut Benny Lontoh, Patra Online barua akan aktif pada pekan ketiga bulan Januari 2018. ” Mudah-mudahan pada pekan ketiga atau keempat, Patra Online sudah aktif, seiring terbitnya SK untuk THL tahun 2018. Saat ini tim tehnis Patra Online melakukan up-grade aplikasi, termasuk progress dan up date perjalanan barang yang dipesan oleh konsumen,” terangnya.

Patra Online, oleh Dinas Perdagangan Kota Bitung diklaim sebagai Pasar tradisional online yang pertama di Indonesia. Aplikasi tersebut sudah dipesan oleh beberapa daerah di berbagai Provinsi, untuk diadopsi di daerah masing-masing. Bahkan pernah ditawar seorang pengusaha retail seharga Rp 2 Miliar. Untuk mengoperasikan sistem yang terbangun dalam Patra Online, membutuhkan dana sekitar Rp 500 juta/ tahun.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here