Bebaskan Tahanan Malam Hari, Warga Desak Oknum Sipir Rutan Enemawira Dipecat

0
611
Aktivis anti korupsi Kabupaten Sangihe, Jhony Rompas

Indonesiablitz.com, Tahuna – Ulah oknum Sipir berinisial RP yang bertugas di Rumah Tahanan (Rutan) Enemawira Kecamatan Tabukan Utara, yang diduga kerap membebaskan tahanan kasus korupsi dengan inisial DPM, pada saat tengah malam hingga bebas berkeliaran diluar, memicu kemarahan bagi warga negeri Tampungang Lawo. Mereka menilai, tindakan oknum Sipir yang mengeluarkan tahanan secara sembunyi-sembunyi merupakan bentuk tindakan kejahatan yang patut ditindak secara hukum.

“Harus ada tindakan hukum terhadap RP selaku sipir di Rutan Enemawira, jika perlu yang bersangkutan diberi sangsi tegas dengan pemecatan. Kami juga meminta kepada pimpinan Rutan Enemawira untuk melakukan penertiban terhadap seluruh petugas, karena kasus membebaskan tahanan pada malam hari sudah sering terjadi di sana,” ujar Aktivis Penggiat Anti Korupsi Sangihe (APAKS), Jhony Rompas, kepada media ini Rabu kemarin.

Akan hal ini, Kepala Rutan Enemawira, Astar Ladjolo, ketika dikonfirmasi sejumlah awak media belum lama ini, membenarkan kabar tersebut. “Benar, salah satu tahanan titipan dari Kejaksaan terkait kasus korupsi, sering berada diluar tahanan pada saat malam hari, dengan melibatkan oknum petugas Sipir yang berinisial RP. Yang bersangkutan sudah diproses, untuk kemudian diberi sanksi tegas. Saya baru tahu dari teman-teman wartawan, kalau ada tahanan yang bebas berkeliaran diluar tahanan pada malam hari, saat di luar jam kerja. Berdasarkan iniformasi ini, saya kemudian melakukan pengecekan terhadap petugas jaga, yang akhirnya, pelakunya kami ketahui berinisial RP,” ujar Ladjolo.

Terkait desakan warga agar oknum RP dipecat, Ladjolo, menyatakan bahwa saat ini, yang bersangkutan sedang menjalani proses hukum secara intern, dimana kemungkinan pemecatan terhadap RP bisa dilakukan, jika apa yang dilakukannya itu benar-benar terbukti apalagi dalam melakukan aksinya membebeskan tahanan, tanpa ijin dari pihak Kejaksaan atau menerima sesuatu untuk kepentingan pribadinya. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here