Warga Tionghoa Kota Bitung Bersuka-Cita, Prosesi Cap Go Meh Direstui Tuhan

0
1189
Hoksiu Kedua, Peter Lumanauw, melempar Po Pwe, dalam Prosesi Cie Sin, dengan simbol sio poe. Tuhan merestui Prosesi Goan Siao keliling kota.

Indonesiablitz.com, Bitung – Warga etnis Tionghoa di Kota Bitung Suawesi Utara menggelar prosesi Cie Sin, memohon ijin kepada Tuhan, untuk melaksanakan Prosesi Cap Go Meh, atau Goan Siao, keliling kota. Suasana suka-cita, dan tangis bahagia mewarnai ritual tersebut, karena prosesi Cap Go Meh diijinkan oleh Tuhan. Prosesi Cie Sin, dengan media Poe Pwe, berlangsung di Klenteng Seng Bo Kiong, pada Senin, 19/2/2018.

Prosesi Poe Pwe, atau permohonan ijin kepada Tuhan untuk menggelar Cap Go Meh, dimulai pada pukul 13.00 Wita. Hoksiu atau Petugas Sembahyang nomor 2, Peter Lumanauw, didampingi rohaniwan, bertanya dengan media kayu poe pwe, sebagai simbol keseimbangan Yin dan Yang.

Warga Tionghoa bersuka-cita, Prosesi Keluar Goan Siao direstui Thian/ Tuhan

Dalam Prosesi Cie Sin, Tuhan mengabulkan permohonan warga Tionghoa, untuk menggelar prosesi Cap Go Meh keluar dari Klenteng atau keliling kota, karena sepasang poe pwe yang dilemparkan satu terbuka, serta yang lain tertutup atau sio poe. Hal tersebut disambut suka cita oleh warga Tionghoa. Karena mereka meyakini roh suci  pada prosesi Cap Go Meh diperkenankan menyatu dengan masyarakat kota Bitung.

“ Kami berharap dukungan seluruh lapisan masyarakat di kota Bitung, karena prosesi Cap go Meh, pada Purnama Agung (purnama pertama bulan pertama tahun imlek-red) tahun ini telah direstui Tuhan, agar tercipta kehidupan selaras, banyak berkat, serta jauh dari bencana,” kata Rohaniwan, Rolly Ciwulusan.

Prosesi Cap go Meh, selalu ditunggu-tunggu masyarakat kota Bitung, karena menyuguhkan atraksi kebal senjata tajam para tang sin, serta karnaval budaya di kota Bitung. Pada tahun imlek 2569, dengan simbol anjing ini, Prosesi Goan Siao atau cap go meh jatuh pada Jumat 2 Maret 2018.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here