Cap Go Meh Eksotis…Prosesi King Thian Kong

0
297
Prosesi King Thian Kong, Ibadah kepada Tuhan Penguasa Jagat Raya. Altar paling tinggi dibandingkan hari-hari biasa.

Indonesiablitz.com, Bitung – Warga Tionghoa di Kota Bitung, Sulawesi Utara, menggelar Prosesi King Thian Kong, atau ibadah khusus kepada Tuhan Yang Maha Esa, Penguasa tertinggi Jagad Raya. Prosesi tersebut berlangsung di Klenteng Seng Bo kiong, pada Sabtu dinihari 23/2/2018.

Ratusan orang warga Tionghoa di Kota Bitung, mengikuti prosesi King Thian Kong dengan khusyuk. Berbeda dengan hari-hari biasa, mereka membuat altar khusus  di teras muka Klenteng Seng Bo Kiong.

” Karena ini ibadah khusus kepada Tuhan Penguasa Jagad Raya, maka altar khusus kami buat paling tinggi, karena ini kami persembahkan kepada Tuhan Yang Maha Tinggi, ” kata rohaniwan, Rolly Ciwulusan, yang sehari-hari dipanggil Ko awo.

Salah seorang Hoksiu (petugas sembahyang) siramkan wewangian di altar King Thian Kong.

Dalam prosesi ini, warga Tionghoa bersyukur kepada Tuhan, karena telah melewati tahun Imlek 2568, dalam keadaan sehat dan diberi berkat yang melimpah. ” Di tahun Imlek 2569 ini kami berdoa untuk keselamatan bangsa, dijauhkan dari segala bala, bencana dan wabah penyakit, sehingga negara makmur sejahtera, di bawah pemimpin yang adil dan bijaksana,” tambah Ko Awo.

Altar persembahan dalam prosesi King Thian Kong

Dalam Ibadah King Thian Kong, warga Tionghoa berharap Prosesi Cap Go Meh, yang akan digelar pada Jumat, 2 Maret mendatang berjalan lancar. ” Kami berharap dukungan seluruh masyarakat Kota Bitung, pemerintah dan aparat keamanan dapat membantu kelancaran Prosesi Cap Go Meh,” pungkas Ko Awo.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here