“Tripartit” Baru, Carikan Solusi Buruh PT. Delpi dan Perusahaan

0
427
Stabilitas keamanan terancam,, Kapolres Bitung, AKBP Philemon gelar Ginting berinisiatif membantu buruh dan pengusaha

Indonesiablitz.com, Bitung – Saat forum tripartit yang resmi yakni Buruh, Perusahaan dan Dinas Tenaga Kerja terkesan mandul dalam menyelesaikan masalah buruh korban PHK PT. Delta Pasifik Indotuna, Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting bersama jajarannya, memediasi pertemuan antara Serikat Pekerja dengan manajemen PT. Delpi, pada Sabtu, 24/2/2018.

” Kami mengapresiasi langkah Kapolres Bitung untuk segera mengambil langkah taktis, membentuk ‘tripartit’ model baru ini, ” kata Ketua SPSI RTMM, Estephanus Sidangoli.

Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting mengaku tak akan mencampuri masalah sengketa buruh dan perusahaan. ” Kami memediasi Bapak-bapak karena kondisi di lapangan sudah mengancam stabilitas keamanan. Bukan karena kami mau mengambil alih fungsi pemerintah,” kata Ginting.

Ketua FSP RTMM SPSI Kota Bitung, Estephanus Sidangoli mengakui kondisi di lapangan sudah tidak kondusif lagi. “Meskipun  kami sudah mengingatkan kepada korban PHK untuk menjaga stabilitas keamanan, namun mereka sudah sering hilang kontrol, karena mereka ini orang-orang lapar yang kehilangan pekerjaan lagi,” tambah Sidangoli.

Mediasi yang diprakarsai oleh  Kapolres tersebut akhirnya para buruh dan perusahaan menyepakati beberapa hal, menyangkut hak-hak normatif buruh sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

” Karena pihak perusahaan janji bersedia membayar hak-hak buruh saya perintahkan anggota SPSI di PT Delpi untuk beristirahat di rumah masing-masing. Saya Senin besok akan membawa nilai nominal, sesuai aturan, ” terang Sidangoli.

” Namun  jika pihak perusahaan tidak beritikat baik dan membayar pesangon dan hak-hak lain, hingga pekan depan, maka jangan salahkan pekerja jika kami  akan kembali memblokade perusahaan, agar tak beroperasi,” pungkasnya.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here