Goan Siao eksotis… Inilah Shio Yang Ciong di Tahun Anjing Tanah

0
424
Warga Tionghoa di Klenteng Seng Bo Kiong, ikuti Sembahyang Ciong, agar tak tertimpa sial di tahun 2569

Indonesiablitz.com, Bitung – Berbagai cara dilakukan warga Keturunan Tionghoa, untuk menghadapi Tahun Imlek 2569. Tahun dengan symbol Anjing Tanah, menurut mereka memiliki hawa positif dan negative. Di tahun ini ada 4 Shio yang Ciong atau sial, yakni Shio Anjing, Kerbau, Naga dan Shio Kambing. Warga keturunanT ionghoa di Kota Bitung, Sulawesi Utara, menggelar tradisi sembahyang Ciong.

Puluhan warga keturunanTtionghoa, di Kota Bitung, melaksanakan tradisi sembahyang Ciong di Klenteng Seng Bo Kiong, Kelurahan Kadoodan.  Sebagian besar yang mengikuti prosesi  tersebut,  yakni warga keturunan Tionghoa  yang bershio anjing, kerbau, kambing dan shio naga.

“ Hal ini kami gelar  sebagai upaya tolak bala bagi warga yang tidak selaras di tahun imlek dua ribu lima ratus enam puluh Sembilan, dengan lambang shio Anjing Tanah,” kata rohaniwan Rolly Ciwulusan.

Mereka membawa sesajian di Altar Utama,  Thian Sang Seng Bo, berupa sembilan butir telur, sepotong daging, kacang hijau, teh dan arak. “ Menurut keyakinan kami, hal ini untuk menyelaraskan unsur-unsur yang bertentangan, agar terhindar dari kesialan,” tambah Ciwulusan.

Setiap warga yang ciong atau tidak selaras dengan shio anjing tanah, menyelipkan kertas doa, yang tertulis nama, tanggal lahir dan shio masing-masing. Kertas doa kemudian dibakar di halaman Klenteng Seng Bo Kiong, sedangkan sesajian diberikan kepada warga yang kurang mampu.

Warga keturunan Tionghoa dalam tradisi Ciong ini juga berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa bagi keselamatan  seluruh masyarakat indonesia, agar angin dan hujan selaras, tidak menjadi bencana.

“ Untuk warga yang Ciong di tahun anjing tanah ini, diharapkan banyak bersedekah dan memberikan sebagian berkat kepada sesame yang membutuhkan. Dengan berlaku baik kepada sesame dan alam semesta, diharapkan kesialan tidak berakibat fatal,” pungkas Ciwulusan.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here