Goan Siao Eksotis…Warga Mulai Berdatangan di Klenteng

0
444

Imdonesiablitz.com, Bitung – Puncak ritual suci Goan Siao, di Klenteng Seng Bo Kiong, Kota Bitung, Sulawesi Utara, pada Jumat sore 2/3/2018, akan dilaksanakan. Hujan deras yang turun sejak siang hari tak menjadi halangan warga untuk menyaksikan, event eksotis ini.

Warga dari berbagai Kota/ Kabupaten di sekitar Kota Bitung mulai berdatangan, ingin melihat langsung, pawai mobil hias, pawai budaya dan yang utama aksi 4 orang tang shin.

Warga Keturunan Tionghoa di Klenteng Seng Bo Kiong, sudah mempersiapkan prosesi ritual suci Goan Siao, sejak sepekan terakhir. Berbagai ritual sudah dilakukan, untuk menangkal hawa Jahat dan untuk kemakmuran bangsa.

” Dalam Purnama Agung ini kami meyakini sebagai Hari Kebesaran Langit. Atau Kelahiran Goan Tae Te, sehingga semua harapan kami agar kata ini, dan seluruh bangsa Indonesia dapat terbebas segala bencana penyakit dan alam, negara makmur rakyat sentosa,” kata Rohaniwan Rolly Ciwulusan.

Pemerintah Kota Bitung telah menetapkan Prosesi ritual Goan Siao sebagai kalender of event pariwisata. Dalam Imlek 2569 kali ini, sebanyak 4 orang Tang Shin akan diarak keliling kota. Para Tang Shin rencananya akan keluar dari Klenteng pada pukul 17.05 Wita, sedangkan pawai budaya sekitar pukul 16.00 wita.

” Aksi para Tang Shin menyiksa diri dengan menggunakan senjats tajam ini sebagai penebusan dosa bagi seluruh umat manusia,” kata Ciwulusan.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here