Wisatawan Diminta Tak Keliru Sebut Lokasi Wisata Puncak Lose

0
557

Indonesiablitz.com, Tahuna – Warga Kampung Tola Kecamatan Tabukan Utara, menyampaikan kekesalan mereka, lokasi wisata puncak Penenteng Tola, yang oleh para pengunjung kerap disebut sebagai puncak Lose.

Padahal lokasi wisata puncak Lose berada di Kampung Bowongkulu, yang jaraknya cukup berjauhan dengan Puncak Penenteng Tola, dimana jarak tempuhnya memakan waktu satu jam.

“Sebagai tokoh masyarakat Kampung Tola, kami harus meluruskan, soal lokasi wisata yang saat ini paling banyak dikunjungi wisatawan, namanya bukan puncak Lose, melainkan Puncak Penenteng Tola, yang dulunya disebut Pale, karena berada di wilayah Kampung Tola Lindongan empat, Kecamatan Tabukan Utara, sedangkan Puncak Lose, berada di Kampung Bowongkulu,” ujar Jukry Manossoh, yang juga sebagai Sekertaris Kampung Tola.

Dia juga berharap, pemerintah daerah, melalui instansi teknis, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, agar bisa membuat semacam buku panduan yang isinya, menjelaskan nama lokasi wisata yang sebenarnya, dengan harapan, setiap pengunjung yang datang di lokasi Puncak Penenteng Tola, tidak lagi menyebutkan puncak Lose.

Manossoh juga memberikan penjelasan soal perbedaan antara puncak Lose dan puncak Penenteng Tola, dimana setiap pengunjung yang akan mengambil gambar dari puncak Penenteng Tola, hasilnya gambarnya terlihat agak menyamping, Sedangkan jika gambar Teluk Tahuna diambil dari Puncak Lose, maka posisinya akan terlihat lurus. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here