KM Logistik Nusantara I Layani Trayek Tol Laut Makasar-Tahuna

0
936
KM Logistik Nusantara, Kapal Tol Laut Baru Yang akan Melayani Trayek Tanjung Perak-Makasan hingga Tahuna

indonesiablitz.com, Tahuna – Pemerintah pusat melalui Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, akhirnya memberi jawaban atas keluhan warga negeri Tampungang Lawo Sangihe, terkait sering terjadinya keterlambatan kapal tol laut masuk di Pelabuhan Nusantara Tahuna.

“Kami sebagai bagian dari warga Sangihe, yang berprofesi sebagai buruh di Pelabuhan, tentunya memberi apresiasi kepada pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perhubungan yang telah menjawab keluhan kami warga di perbatasan, dengan mengganti dan menambah armada kapal untuk pelayanan tol laut di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” ujar Ketua Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Sangihe, Ferry Kantohe, kepada media ini Selasa, kemarin.

Dia berharap, hadirnya KM Logistik Nusantara I dalam pelayanan tol laut di Sangihe, akan mendongkrak kehidupan ekonomi ratusan buruh yang menggantungkan hidup mereka pada pekerjaan bongkar muat di pelabuhan. Terpisah, Kepala Sub Cabang PT Pelni Tahuna, Hamdan Pontoliu Janis, menyatakan bahwa pelayanan trayek tol laut di Tahuna yang sebelumnya dilayari KM Caraka Niaga, oleh pihak Kementrian Perhubungan Cq Dirjen Hubla, telah diganti dengan KM Logistik Nusantara I, sebagai Kapal Utama yang akan melayani trayek tol laut Tanjung Perak – Makasar – Tahuna.

Sedangkan untuk layanan ke pulau-pulau di Kabupaten Sangihe dan Talaud dan Sitaro, PT Pelni akan mengoperasikan KM Kendhaga Nusantara, dengan rute, Tahuna – Kahakitang – Buhias – Tagulandang – Biaro – Lirung –Melonguane – Kakorotan – Miangas – Marore dan kembali ke Tahuna.

“Sesuai keputusan Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Hubla, dimana guna meningkatkan pelayanan trayek tol laut, maka pada pertegahan tahun 2018 ini, telah mengoperasikan lima belas trayek kapal tol laut, yang didalamnya termasuk trayek tol laut Tanjung Perak – Makasar –Tahuna, yaitu KM Logistik Nusantara I sebagai Kapal utama dan KM Kendagha Nusantara sebagai kapal penghubung,” ujar Janis.

Dia berharap, dengan dioperasikannya KM Logistik Nusantara I dan KM Kendagha Nusantara di tiga Kabupaten Kepulauan yang merupakan daerah perbatasan, akan meningkatkan daya jual hasil pertanian, seluruh warga petani, seperti kopra, pala dan cengkih serta hasil pertanian lainya.

“Yang lebih penting juga, penyaluran bahan sandang dan pangan akan lebih maksimal, sehingga tidak akan terjadi kelangkaan atau kekosongan stock kebutuhan pokok masyarakat perbatasan” pungkas Janis. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here