Ketua PHBI: Pancasila Sesuai Dengan Al-Qur’an

0
251
Ketua PHBI Kota Bitung, H. Ramlan Ifran menyampaikan bahwa Pancasila sesuai dengan ayat-ayat Al-Qur'an

Indonesiablitz.com, Bitung – Penyelenggara Hari-hari Besar Islam ( PHBI) Kota Bitung, menggelar peringatan Nuzulul Qur’an  (turunnya Al-Qu’ran), tahun 1439 H, di halaman Masjid Al-Fatah, Kelurahan Girian Indah, pada Jumat, 1/6/2018.

Ketua PHBI Kota Bitung, H. Ramlan Ifran dalam sambutannya mengingatkan umat Islam bahwa peringatan Nuzulul Qur’an kali ini bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila. Dan niai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, sesuai dengan ayat-ayat kitab suci Al-Qur’an.

” Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, sesuai dengan surat Al-Ikhlas ayat 1: Katakanlah Dialah Allah Yang Maha Esa, dan Sila Kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab, termaktub dalam surat An-Nisa’ : 135 : Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, hendaklah kamu mmenjadi manusia yang adil,” kata Ifran.

Ramlan Ifran menambahkan, untuk Sila ketiga Persatuan Indonesia sesuai dengan Surat Al-Hujurat: 13 ; Dan Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, supaya kamu saling mengenal. Sedangkan Sila keempat sesuai dengan surat Asy-Syuro :38 ; Sedangkan urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka.

Dan sila Kelima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyyat Indonesia telah termaktub dalam surat An-Naml: 90 yang artinya: Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan.

Tauziah Nuzulul Qu’ran disampaikan oleh Ustadz Maskur Al-Makmuni. Dia mengingatkan bahwa Akhlak Rasulullah adalah Al-Qur’an. ” Jangan hanya dibaca, Al-Qur’an harus diamalkan. Jangan sampai rajin membaca Al-Qur’an namun masih suka bergunjing, memaki, dan mudah marah,” ingat Al-makmuni.

Ikut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Hukum dan Politik Sekda Pemkot Bitung, Give Mose, Dandim 1310 Letkol Inf. Kusnandar Hidayat dan Kepala Kantor Kementeria Agama Bitung, Fathan Noch, tokoh masyarakat serta umat muslim.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here