PT. DELPI Akan Tutup 1 Juli

0
265

Indonesiablitz.com, Bitung -DPRD Kota Bitung menggelar dengar pendapat mengenai Aksi Buruh PT. Delta Pasifik Indotuna, yang berkepanjangan. Hearing berlangsung di Ruang utama, Kantor DPRD pada Rabu, 6/6/2018.

” Buruh blokade jalan, hingga aktivitas perusahaan lumpuh. Berbagai negosiasi telah kami lakukan, namun menemui jalan buntu. Sehingga manajemen PT. Delpi bertekad bulat menutup perusahaan pada 1 Juli 2018,” kata Managing Director PT. Delta Pasific Indotuna, Ilyasa Bahalwan.

Rencana tersebut akan menambah jumlah pengangguran di Kota Bitung. Karena perusahaan pengalengan ikan tersebut mempekerjakan sedikitnya 894 orang karyawan. Belum lagi industri penyangga seperti pabrik es, dan pemasok bahan baku ikan.

Ketua Komisi C DPRD Kota Bitung, Superman Boy Gumolung mengatakan larinya investor ini merupakan kelalaian pemerintah kota Bitung.

” Ini preseden buruk bagi iklim investasi di Kota Bitung. Padahal Kota ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus,” semprot Gumolung.

Asisten II, Sekda Pemkot Bitung Jefrey Wowiling, menyayangkan sikap perusahaan yang akan menutup permanen operasinya per 1 Juli mendatang. ” Kami berharap perusahaan renegoisasi dan menangguhkan keputusan perusahaan untuk menutup operasi secara permanen,” kata Wowiling.

Camat Girian, Richie Tinangon, menegaskan bahwa pemerintah Kota Bitung tidak tinggal diam dengan kasus ini.

” Pak Walikota sudah berjuang dengan membentuk tim penyelesaian, yakni bernegosiasi agar eks-karyawan membuka blokir. Kami sebagai pemangku kebijakan tidak terima jika dituding sebagai penyebab penutupan perusahaan,” kata Tinangon.

Boy Gumolung langsung bereaksi, apa hasil kerja dari pemerintah jika perusahaan tetap hentikan operasi. ” Jangan bela diri, dan anti kritik, mengaku sudah melakukan tahapan namun apa hasilnya ?” kata Gumolung retoris.

 

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here