Mantiri: Minta Generasi Muda Maknai Lebaran Ketupat Secara Islami

0
306
Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri saat Lebaran ketupat bersama Remaja Masjid Jami' Darul Ulum Kakenturan

Indonesiablitz.com, Bitung – Sepekan pasca perayaan Idul Fitri 1439 H, umat muslim di kota Bitung Sulawesi Utara, merayakan lebaran ketupat. Tak terkecuali bagi masyarakat Kelurahan Kakenturan, Kecamatsn Maesa, mereka mengundang rekan, dan handai taulan untuk berkumpul menikmati sajian ketupat, pada Jumat 22/6/2018.

Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri berkesempatan silaturahmi dengan warga dan tokoh agama setempat berjalan kaki dan berjabatan tangan dengan umat muslim yang merayakan Lebaran Ketupat.

” Ini tradisi yang harus dilestarikan, karena lebaran ketupat sebagai salah satu wujud kerukunan antar suku dan umat beragama. Sesuai dengan lambang ketupat, dari sebelumnya ribuan biji beras disatukan dalam ikatan janur (daun kelapa muda),” ungkap Mantiri.

Saat sambutan di hadapan Remaja Masjid Jami’ Darul ulum, Maurits Mantiri mengingatkan para pemuda, sebagai generasi penerus bangsa, untuk memaknai lebaran ketupat ini, dengan kegiatan yang bernuansa rohani.

” Setelah berpuasa selama sebulan, dengan menahan diri dari sifat berlebihan, adik-adik jangan sampai merayakan Lebaran Ketupat dengan hura-hura atau keluar dari jalur rohani. Remaja Masjid harus kreatif, karena di jaman milenial ini, yang kreatif dan mau bekerja keras akan keluar sebagai pemenang,” tegas Mantiri.

Setelah acara tersebut, Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri, kepada masyarakat Kakenturan Satu dan Dua segera pamit, karena harus menghadiri acara yang sama di Kelurahan Girian Bawah. ” Dari tadi masyarakat Girian sudah telepon terus, sehingga saya tak bisa lama di sini,” ungkap Mantiri.

Ketua Badan Takmir masjid Jami’ Darul Ulum, Abdullah ‘Nune’ Thalib mengatakan pihaknya sangat bersyukur dengan silaturahmi yang dilakukan oleh Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri. ” Bagi kami umat muslim di Kakenturan Satu dan Dua, kunjungan Bapak Wawali Maurits Mantiri ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam menjaga kerukunan yang harus diteladani oleh generasi muda,” Kata Thalib.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here