Era Baru Kebangkitan Energi, Jokowi Resmikan PLTB Sidrap

0
122
Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/ Angin, di Kabupaten Sidrap Sulsel, Pasok kebutuhan listrik 150 ribu rumah tangga. (Foto: Ferry rende)

Indonesiablitz.com, MAKASSAR — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Llistrik Tenaga Bayu/angin (PLTB) terbesar di Asia Tenggara di Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Senin (2/7). Peresmian ini menjadi era-baru dalam industri energi terbarukan nasional.

Peresmian PLTB Sidrap dengan menekan tombol sirine oleh Presiden Jokowi, didampingi Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, Mensetneg Pratikno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut PLN Sofyan Basir dan Bupati Sidrap Rusdi Masse.

Proyek pembangunan PLTB Sidrap menyedot anggaran US $ 150 Juta.  Sesuai perencanaan, Kincir angin tersebut mampu menghasilkan daya listrik 75 Mega Watt (MW). Dan mampumengaliri kebutuhan listrik, 150 ribu rumah tangga.

Era Baru kebangkitan energi, Presiden Jokowi Resmikan PLTB Sidrap, pada Senin 2/7/2018

Presiden Jokowi, menyebutkan bahwa negara kita memiliki potensi energi sumber daya terbarukan yang sangat besar. Bukan hanya pembangkit tenaga uap dari batubara, tetapi juga energi matahari dan angin.

“Itu yang akan kita kembangkan ke depan, jelas ada karena potensinya sangat besar, Ini kan pilihan-pilihan kita, kalau kita melihat visi ke depan, yang terbarukan, meskipun harga yang kita dapatkan masih relatif lebih tinggi dari, dibandingan dengan PLTU dan ke depan kompetisinya akan semakin banyak dan akan semakin murah,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, negara-negara maju secara berangsur mengurangi dan meninggalkan ketergantungan terhadap energi fosil, dengan mengembangkan energi Terbarukan. “Kita lihat, di sini berputar semua baling-balingnya, artinya angin di sini lebih dari cukup. Saya merasa kok kayak di Belanda. Kayak di Eropa tapi di Sidrap,” sebut Jokowi.

Sementara, Ignasius Jonan menyebutkan bahwa pembangkit listrik tenaga bayu dengan kapasitas 75 MW ini merupakan PLTB Komersil Pertama di Indonesia. ” Ini PLTB komersial pertama yang dibangun di Republik Indonesia,” sebutnya.

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono menyebutkan, harapan besar masyarakat Sulsel, dalam pengembangan energi terbarukan, karena selain sebagai pembangkit listrik, PLTB Sidrap juga menjadi destinasi wisata dan media pendidikan.

“Khusus PLTB listrik tenaga bayu ini adalah proyek listrik tenaga bayu pertama di Indonesia, masyarakat juga menghendaki PLTB ini tidak sekedar pemasok energi, tetapi juga menjadi destinasi wisata, terutama wisata energi yang kita harapkan juga menjadi media, pendidikan bagi masyarakat,” pungkas Sumarsono.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here