Seks Pra Nikah Masih Tinggi di Bitung

0
180


INDONESIA BLITZ, KOTA BITUNG – Hubungan seks pra nikah anak-anak di bawah umur di kota Bitung kini sangat tinggi. Tahun lalu saja terdapat 19 remaja di bawah usia 17 tahun sudah hamil. Hal ini diduga terjadi karena adanya pengaruh negatif pergaulan bebas remaja, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.

Pihak Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) kota Bitung mengakui tingkat seks pra nikah di kota Bitung sangat tinggi. Tahun 2017 sebanyak 19 anak di bawah umur terpaksa harus menikah karena sudah hamil.

Masalah seks pra nikah usia di bawah umur ini, menjadi salahsatu pembahasan utama dalam Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Dinas P2KB kota Bitung.

Perilaku hubungan seks dan hamil saat remaja ini, dikuatirkan akan terus meningkat, jika tidak ada penanganan serius dari semua pihak.

Menurut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kota Bitung, dokter Jeaneste Watuna, semua pihak baik orangtua, guru dan pemerintah kota Bitung harus terlibat aktif menjaga, mendidik dan mengarahkan anak-anak muda, agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas.

Pihak DP2KB bitung juga akan membentuk tim untuk melacak anak-anak remaja, yang berpotensi atau sudah melakukan hubungan seks pra nikah, untuk dibina.

Seks pra nikah anak-anak usia di bawah umur, tidak hanya bakal menyulitkan pemerintah karena akan bertambahnya anak-anak putus sekolah, tetapi bisa membawa masalah baru dalam keluarga muda, sebab rata-rata mereka belum siap berumahtangga.

Selain masalah seks pra nikah usia dini, Rakorda Dinas P2KB juga membahas dan soal kehamilan serta pengendalian penduduk dalam program keluarga berencana.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here