Sssttt.. Ada Kapitalaung Bakal Tak Dilantik Gara-Gara Dandes

0
124
Kabag Pemerintahan Pemkab Sangihe, Ernest Rakanaung

Indonesiablitz.com, Tahuna – Pelantikan 113 Kapitalaung terpilih, hasil pemilihan serentak, sebagaimana dikemukakan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Sangihe, Ernest Rakinaug, kepada indonesiablitz.com, Selasa (7/8) akan digelar tanggal 13 Agustus 2018 mendatang.

Namun Rakinaung tidak memberikan komentar soal adanya beberapa kapitalaung terpilih yang tidak bakal dilantik lantaran terkait kasus Dana Desa. Eks Camat Tamako ini, menyatakan bahwa, sebagai panitia pelaksana pemilihan kapitalaung serentak, hanya bisa memberikan alternatif, rekomendasi dan klarifikasi dari hasil pemelihan serentak.

“Kalau ada kapitalaung terpilih namun bermasalah, itu merupakan hak dari pimpinan daerah dalam hal ini, pak Bupati dan Wakil Bupati, untuk mempertimbangkannya. Yang jelas Bagian Pemerintahan telah menyiapkan laporan hasil pemilihan kapitalaung, dimana semuanya sudah diserahkan kepada pimpinan,” ujar Rakinaung.

Adanya kapitalaung terpilih yang tidak akan dilantik karena bermasalah, dikemukakan oleh Assisten I Setda Sangihe, Drs Dirgahayu Mandiangan pada acara pisah sambut Camat Manganitu, beberapa waktu lalu. Mandiangan yang mewakili pimpinan daerah, dalam sambutannya, menyebutkan, salah satu Kapitalaung yang tidak bakal dilantik, adalah Kapitalaung terpilih Kampung Hiung Kecamatan Manganitu.

Eks Kaban Kesbang Pol Sangihe itu, membeberkan alasan terkait kapitalaung terpilih yang tidak akan dilantik, karena tidak memenuhi Rekomendasi dari Pihak Inspektorat, untuk menyelesaikan pertanggungjawaban masalah penggunaan Dana Desa pada tahun-tahun sebelumnya.

“Ada dokumen yang ditandatangani para calon kapitalaung, dimana isinya bersedia untuk tidak dilantik meski terpilih, bilamana rekomendasi dari Inspektorat tidak dipenuhi,” ujar Mandiangan. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here