Penyakit Jantung Menjadi Pembunuh No 1 di Dunia

0
275
Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana, saat membuka seminar Deteksi Dini Pada Jantung Yang Digelar IDI Sangihe

IDI Sangihe Gelar Seminar Deteksi Dini Penyakit Jantung
Indonesiablitz.com, Tahuna – Laporan terakhir Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa penyakit jantung, infeksi dan kanker merupakan penyakit tidak menular namun menjadi penyebab utama kematian di dunia.

Untuk deteksi dini penyakit tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Kabupaten Kepulauan Sangihe, menggelar seminar deteksi dini pada penyakit jantung, yang digelar di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Sabtu (11/8), pekan lalu.

Acara seminar diawali dengan Laporan Ketua Panitia, dr.Thomas Gaghana yang pada intinya menyampaikan dua agenda kegiatan yang akan dilaksanakan, masing-masing, Simposium Awal untuk umum dan Simposium Medik untuk para Dokter.

Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana yang membuka acara tersebut, dalam sambutannya, mengapresiasi serta menyampaikan terima kasih kepada IDI Sangihe yang menggelar seminar ini, karena manfaatnya sangat besar bagi masyarakat luas.

“Saya memberi apresiasi serta ucapan terimakasih kepada IDI Sangihe atas kepeduliannya kepada masyarakat. Seminar seperti ini, akan sangat bermanfaat karena bisa mengedukasi masyarakat luas, betapa pentingnya pengenalan tentang penyakit jantung secara dini sehingga bisa diantisipasi,” ujar Gaghana.

Sementara itu, Ketua IDI Sangihe, dr Aprikanus, Sp.PD dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung dalam pelaksanaan seminar tentang deteksi dini pada penyakit jantung. Ucapan terima kasih juga disampaikan Aprikanus atas kehadiran tim dari IDI Sulut serta panitia pelaksana.

Tim Pembicara dari IDI Sulawesi Utara yang menyampaikan materi masing-masing, Prof Dr dr Reggy Lefrandt SpJP, dengan materi Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah. dr Janry A Pangemanan SpJP dengan materi Deteksi Dini dan Faktor Resiko Penyakit Jantung, dr Dekrit Gampamole Sp.PD dengan Materi Diabetes Melitus Faktor Resiko Penyakit Jantung.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong, Ketua DPRD Kepulauan Sangihe, Benhur Takasihaeng serta beberapa anggota Dewan, Sekertaris Daerah para Assisten, pimpinan OPD, Kepala Bagian Setda staf ahli serta tokoh agama, pimpinan organisasi masyarakat, pemuda dan organisasi profesi. Usai pelaksanaan seminar, pihak panitia melakukan perekaman jantung bagi peserta seminar yang hadir. (Humas/ allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here