45 Orang Penumpang Kapal Ferry KMP Bandeng Selamat

0
220
Kapal milik Pangkalan KPLP Bitung, KN Pasatimpo

Indonesiablitz.com, Bitung – Cuaca buruk masih terjadi di perairan Laut Maluku, kabar terbaru Kapal Ferry yang dioperasikan PT. ASDP Indonesia Ferry, KMP Bandeng tenggelam di perairan Pulau Loloda, Maluku Utara pada Rabu 15/8/2018.

Kapal yang berangkat dari Pelabuhan Tobelo Malut tujuan Bitung, hilang kontak pada pukul 11.00 WIT. Informasi resmi dari Corporate Secretary PT. ASDP Indonesia Ferry,Imelda Alini menyebutkan sebanyak 45 orang penumpang dan ABK berhasil diselamatkan oleh Kapal SAR, KN Pandu Dewanata dan perahu nelayan di sekitar lokasi kejadian.

” Kami masih terus melakukan upaya pencarian dan penyelamatan, dengan berkoordinasi dengan instansi kemaritiman, seperti Polair, Syahbandar, TNI AL. Untuk penumpang yang selamat langsung dibawa ke Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate untuk menjalani pemeriksaan kesehatan,” kata Alini.

Sebelumnya kapal kayu KM Kairos juga hilang kontak saat berlayar dari Pos Pelabuhan Penyeberangan Ruko Kota Bitung menuju Pulau Mayau, batang Dua Maluku Utara, pada Minggu 12/8/ 2018. Sebanyak 18 orang penumpang dan awak kapal hingga kini belum diketahui nasibnya.

Upaya pencarian dan penyelamatan dilakukan oleh Kapal milik Pangkalan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Bitung, KN Pasatimpo, Namun hingga kini belum menemukan tanda-tanda keberadaan KM Kairos. Kepala Bidang Keselamatan Berlayar, KSOP Bitung, Capt. Mozes Karaeng, menyebutkan bahwa kapal tersebut biasa sandar di Pos Ruko Dishub Kota Bitung dan tidak pernah melapor (clearence) ke KSOP Bitung.

” Meskipun kami tidak pernah mendapat laporan, kami langsung berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk mencari dan menyelamatkan penumpang KM Kairos. Dan yang siap untuk melakukan pencarian KN Pasatimpo, milik Pangkalan KPLP Bitung. Selain itu kami juga mengeluarkan Maklumat Pelayaran, yang berisi himbauan bagi kapal yang berlayar di Laut Maluku untuk membantu Kapal atau penumpang yang membutuhkan pertolongan,” tegas Karaeng.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here