Bitung Bisa Pasok Naker Handal Kelautan

0
192


INDONESIA BLITZ, KOTA BITUNG – Kota Bitung dengan adanya Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) dapat menjadi pemasok tenaga kerja (Naker) handal di bidang kelautan dan perikanan, tidak hanya di Indonesia, tapi bisa sampai ke luar negeri.
Kali ini sebanyak 126 taruna dan taruni Politeknik KP Bitung dinyatakan lulus sebagai tenaga profesional diploma tiga (D3) yang siap pakai, karena mereka sudah memegang sertifikasi kualitas sesuai bidang masing-masing.
Menurut mantan Dirjen Perikanan Tangkap yang kini sebagai Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaja, dirinya optimis para lulusan Politeknik KP Bitung bisa memasuki pangsa pasar tenaga kerja handal di bidang Kelautan dan Perikanan di seluruh Indonesia, bahkan hingga luar negeri seperti Filipina hingga republik Palau di Samudera Pasifik.
Terkait hal ini, Wakil Walikota Bitung yang menjadi salahsatu anggota Senat Luar Biasa, menekankan saat ini hanyalah tenaga kerja bermutu yang dapat bersaing atau bisa diterima bekerja di berbagai bidang. Artinya, yang tidak berkualitas pasti akan tersingkir.
Sebanyak 162 lulusan Politeknik KP Bitung ini terdiri dari 44 orang jurusan Teknik Penangkapan Ikan, 42 orang Mekanisasi Perikanan dan 40 orang jurusan Teknik Pengolahan Produk Perikanan.
Selain berasal dari kota Bitung dan daerah Sulawesi Utara, para lulusan ini juga datang dari sejumlah propinsi di Indonesia.
Usai mewisuda, Kepala Badan Riset juga meninjau lokasi dermaga tempat praktek para taruna taruni, termasuk melihat tempat budidaya ikan. ***

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here