Ratusan Pelaut Dilatih Keselamatan

1
270


INDONESIA BLITZ, KOTA BITUNG – Ratusan pelaut Sulawesi Utara dan Maluku baik yang muda maupun tua, mendapat pelatihan tentang keselamatan pelayaran. Pelatihan ini dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan, yang sempat bertubi-tubi terjadi di laut Indonesia.
Sebanyak 155 pelaut atau anak buah kapal (abk) dari kota Bitung, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Sangihe dan Maluku Utara, mengikuti Basic Safety Trainning (BST) atau Pelatihan Keselamatan Dasar angkatan kedua selama beberapa pekan.
Pelatihan ini dianggap sangat mendesak untuk mempersiapkan para anak buah kapal, agar mereka paham dan mampu menjalankan program keselamatan selama berlayar.
Menurut penggagas pelatihan ini, yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Pelayaran Rakyat kota Bitung, Lukman Lamato, dirinya merasa terpanggil untuk menggelar pelatihan keselamatan bagi para pelaut, karena melihat cukup banyak kecelakaan di laut indonesia selama ini.
Walikota bitung melalui asisten dua memberi apresiasi kepada Pelra Bitung yang berhasil melaksanakan pelatihan bagi para pelaut atau ABK, bahkan saat ini sudah yang kedua kalinya.
Kepala Balai Diklat Pelayaran Minahasa Selatan, juga sangat mendukung upaya yang dilakukan Pelra Bitung dalam memantapkan para pelaut tentang keselamatan di laut.
Sejumlah pelaut muda mengaku datang jauh-jauh untuk mengikuti pelatihan ini, karena sangat bermanfaat dan menjadi pedoman keselamatan bagi mereka jika mengalami masalah di dalam pelayaran.
Sama seperti angkatan pertama, para peserta akan berlatih keselamatan pelayaran di atas kapal latih Laksamana Muda John Lie. Mereka akan berlayar dari Bitung ke perairan Minsel dan laut sekitar. Para peserta yang lulus akan diberikan sertifikat BST. *

Advertisements

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here