Siswi SMAN 3 Ukir Prestasi Bidang Seni Tingkat Nasional

0
296

INDONESIABLITZ.COM, Tahuna – Aprilya Sasinging, pelajar SMA Negeri 3 Tahuna Barat, Kabupaten Kepulauan Sangihe, tak hanya membuat bangga kedua orang tuanya dan para guru serta teman sekolahnya. Namun lebih dari itu, cewek cantik yang lahir di Kolongan Beha Kecamatan Tahuna Barat, 10 April 2001 itu juga telah mengharumkan nama daerahnya, bahkan nama Provinsi Sulut, setelah ia meraih peringkat empat tingkat nasional saat mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional yang digelar di Aceh pada 28 Agustus 2018 lalu.

Kehidupan ekonomi keluarga yang serba kekurangan, tak membuat cewek yang bercita-cita menjadi dokter itu, patah arang, ketika ia tak lagi mendapat pendampingan dari coach-nya, Alvian Walukow saat berangkat menuju Aceh, karena keterbatasan dana.

Namun hasil karya seninya mampu menyisihkan ratusan orang peserta lain dari berbagai provinsi dan daerah di Indonesia. Meski hanya meraih peringkat ke empat tingkat nasional, namun ia mengaku sangat bangga, karena hasil karyanya yang bertuliskan namanya, langsung dibeli oleh salah satu juri, dengan harga tiga ratus ribuh rupiah setelah usai pengumuman nama pemenang.

Kepala sekolah SMA Negeri 3 Tahuna Barat, Ferderika N Sasundu, kepada Indonesiablitz.com, kebanggaannya atas prestasi yang diraih anak didiknya pada level nasional, hingga mengharumkan nama provinsi Sulut dan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Sasundu mengisahkan, dukungan paling besar dari pihak sekolah terhadap Aprilya, adalah doa serta mempersiapkan mentalnya.

“Kalau saja kami punya dana lebih, maka pak Alvian Walukow selaku pelatih atau coach, bisa mendampingi Aprilya hingga ke Aceh, dan kemungkinan hasilnya bisa lebih tinggi. Namun hasil yang diraih oleh anak didik kami, telah membuat seluruh masyarakat Sangihe bangga,” tutur Sasundu. Dia pun berharap, pemerintah daerah melalui instansi teknis dapat memberi perhatian lebih bagi para siswa-siswi di Sangihe yang memiliki berprestasi, secara khusus dalam pengembangan SMA Negeri 3 yang baru berdiri tahun 2016 lalu.

Aprilya sendiri, setelah lulus dari SMA Negeri 3 Tahuna Barat, akan melanjutkan pendidikanya ke tingkat perguruan tinggi pada Universitas Pelita Harapan (UPH) di Tangerang, Atau Universitas Gajah Mada (Yokyakarta) jurusan kedokteran, karena memiliki beasiswa dari PPA. Dia berharap, prestasi yang diraihnya akan memberi motivasi kepada adik-adik kelasnya untuk lebih giat belajar, dalam mengasah prestasi hingga ke tingkat nasional. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here