Hontong Warning Kapitalaung Segera Masukkan SPJ Dandes

0
198

INDONESIABLITZ.COM, Tahuna – Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong memberi warning bagi para Kapitalaung serta mantan pejabat Kapitalaung yang belum memasukan SPJ penggunaan Dana Desa (Dandes) tahap 1-2 tahun 2017 dan tahap 1-2 tahun 2018, untuk segera mempertanggung-jawabkannya.

“Mau dicairkan bagaimana tahap tiganya kalau SPJnya saja belum dimasukan. Pun kalau sudah dimasukan pihak Inspektorat akan meneliti terlebih dahulu kebenaran isi SPJ itu. Kalau ternyata SPJ yang dimasukan ternyata hanya fiktif, maka dipastikan akan berhadapan dengan aparat hukum,” ujar Hontong kepada sejumlah awak media.

Bahkan, menurut Wakil Bupati, pihaknya akan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait dugaan penyelewengan Dandes di Kampung tertentu, dengan melakukan pemeriksaan pembangunan di kampung-kampung yang menggunakan Dana Desa.

Dia juga menyentil soal kasus dugaan penyelewengan Dandes di Kampung Nahepese Kecamatan Manganitu pada tahun 2017 yang kala itu masih dipimpin oleh pejabat dari ASN.

“Soal Dandes Kampung Nahepese, kami sudah menanyakan tentang SPJ Dandes kepada oknum pejabat Kapitalaung, namun yang bersangkutan meminta waktu untuk menyelesaikan SPJ. Intinya, kalau SPJ belum masuk, maka pencairan Dandes tahap berikutnya tidak akan dilakukan,” tegasnya lagi.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Jefry Gaghana menyatakan, pencairan Dandes tahun 2018 di Kabupaten Kepulauan Sangihe hingga saat ini belum sepenuhnya terealisasi, karena adanya sejumlah kampung yang kala itu dipimpin oleh pejabat Kapitalaung yang belum memasukan SPJ, sehingga pencairan Dandes tahap tiga belum direalisasikan.

“Memang pencairan Dandes tahap tiga belum direalisasikan, karena para mantan pejabat Kapitalaung belum memasukan SPJ tahap satu dan dua,” kata Gaghana.

Syarat pencairan Dandes tahap tiga, pihak Kampung yang belum cair harus menyertakan SPJ Dandes sebelumnya, jika tidak maka pencairan tahap berikutnya tidak akan diproses. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here