Aparat Hukum Harus Usut Penyelewengan Dandes

0
162

INDONESIABLITZ.COM, Tahuna – Pernyataan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang memerintahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut dugaan kasus korupsi Dana Desa (Dandes) di seluruh Indonesia, mestinya langsung disikapi oleh aparat penegak hukum di daerah, dalam hal ini kepolisian dan Kejaksaan.

Mereka harus proaktif serta serius mengusut kasus dugaan penyelewengan Dandes. Khusus di Kabupaten Kepulauan Sangihe, indikasi adanya penyelewengan Dandes yang diduga melibatkan sejumlah oknum Kapitalaung atau Kepala Kampung, semenjak tahun 2016 hingga akhir 2017, dengan belum memasukan SPJ dan dugaan adanya pembuatan SPJ fiktif.

Menyikapi hal tersebut, Koordinator Aktivis Penggiat Anti Korupsi Sangihe (APAKS), Jhony Rompas, meminta kepada aparat penegak hukum, polisi maupun jaksa, untuk lebih proaktif dan serius dalam menangani kasus penyelewengan dana desa yang terjadi di sejumlah Kampung yang ada di daerah ini.

“Pernyataan pak Presiden yang meminta KPK turun ke kampung-kampung untuk mengusut dugaan korupsi dana desa itu merupakan sebuah bentuk warning kepada aparat penegak hukum yang ada di daerah, termasuk di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk lebih proaktif dan serius dalam menuntaskan kasus korupsi Dandes,” ujar Rompas kepada media ini, Senin (22/10).

Dia mengungkapkan, indikasi adanya penyelewengan dana desa yang diduga kuat melibatkan oknum kapitalaung sudah sangat jelas.

“Sudah ada penyampaian resmi dari pemerintah daerah, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, bahwa belum dilaksanakannya pencairan Dandes tahap tiga, karena ada sejumlah Kapitalaung yang belum memasukan SPJ tahap satu dan dua. Hal ini kan bisa menjadi pintu masuk aparat hukum untuk mengusutnya, apalagi, sudah banyak warga yang telah menyampaikan laporan kasus korupsi Dandes, namun hingga saat ini belum ada progresnya,” kata Rompas, seraya membandingkan dengan beberapa kepala desa di Daerah lain yang telah menjadi tersangka kasus korupsi oleh aparat kepolisian.

Namun demikian, ia berharap, aparat hukum di Sangihe, akan menindaklanjuti apa yang menjadi harapan dari Presiden Joko Widodo, dalam memberantas korupsi dana desa. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here