Raih Adipura, Gaghana Apresiasi Tim Oranye

0
143
Bupati Jabes Gaghana, apresiasi seluruh masyarakat dan pasukan oranye, hingga Kota Tahuna raih Adipura

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Kabupaten Kepulauan Sangihe, kembali mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, berupa Piala Adipura, untuk kategori kota kecil terbersih, Kota Tahuna. Piala Adipura yang diserahkan langsung Wakil Presiden RI, Mohamad Jusuf Kalla, diterima oleh Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong, bersama 119 Kabupaten/Kota dan 83 kategori kota kecil.

Setibanya di Sangihe, Piala Adipura langsung dibawa ke Pendopo Rumah Jabatan Bupati yang kemudian dialakukan acara penyerahan Piala Adipura, oleh Wakil Bupati kepada Bupati Jabes Ezar Gaghana, yang telah menunggu bersama sejumlah pejabat serta para pasukan baju Oranye (Petugas Kebersihan) sebagai Tenaga Lepas Harian (THL) pada Dinas Lingkungan Hidup.

Dalam sambutannya, Bupati Jabes Gaghana menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pasukan Orange, yang tanpa kenal lelah, baik hujan maupun panas, mereka tetap melaksanakan tugas, menjaga kebersihan Kota Tahuna.

“Saya memberi apresiasi kepada para petugas kebersihan, yang setiap hari tak kenal lelah membersihlkan Kota Tahuna. Juga kepada pemerintah Kecamatan, para Lurah, Kepala Lingkungan dan ketua-ketua Rukun Tetangga (RT) bahkan seluruh masyarakat di Kota Tahuna yang turut serta menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Gaghana.

Dikatakannya, Piala Adipura merupakan sebuah penghargaan tertinggi untuk sebuah daerah yang tingkat kebersihannya sangat tinggi, dalam konteks penilaian kebersihan hidup dan sosial kemasyarakatan. Menurut Gaghana, memperoleh Piala Adipura bukanlah tujuan utama, namun bagaimana caranya kebersihan itu bisa terjaga secara kontinyu, baik di Kota Tahuna, maupun di seluruh pelosok desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Intinya, Piala Adipura yang kita peroleh Saat ini, karena merupakan hasil kerja semua pihak dalam menjaga kebersihan kota, bukan karena menyogok atau memberikan uang kepada pihak tim penilai. Saya mengingatkan kepada seluruh camat, lurah bersama perangkat kelurahan untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat, tentang pentingnya kebersihan lingkungan,” tutup Gaghana, yang kemudian menyerahkan piala Adipura kepada Kapala Dinas Lingkungan Hidup, Christofel Hangau untuk diarak keliling Kota Tahuna bersama pasukan Orange. (allen/onal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 3 =