150 Orang Mengungsi Karena Erupsi Gunung Karang Etang

0
113
Erupsi Gunung Karang Etang, 150 orang mengingsi

INDONESIABLITZ.COM, Sitaro – Erupsi Gunung Api Karangetang yang terjadi Sabtu (2/2), membuat warga Kampung Batubulan dan Kawaang Kecamatan Siau Barat panik. Erupsi yang disertai semburan lava panas itu, mengharuskan 150 warga kampung diungsikan ke salah satu Gereja yang aman dari aliran Lava.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung bergerak cepat mengevakuasi ratusan warga di kampung Batubulan Kawaang yang hanya berjarak 200 meter dari lokasi aliran lava panas.

Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, John Palandung, saat dihubungi Indonesiablitz.com, menyatakan bahwa aktivitas gunung api Karangetang, terjadi sejak tanggal 8 Januari 2019, dengan mengeluarkan asap panas dan bau belerang, dan pancaknya pada hari Sabtu tanggal 2 Februari 2019. Salah satu gunung api teraktif di dunia itu, memuntahkan lava pijar yang melewati perkampungan Batubulan dan Kawaang.

“Sebelum terjadi erupsi lava panas, seluruh warga di Kampung Batubulan dan Kawaang, telah dievakuasi oleh pemerintah setempat dibantu oleh aparat TNI dan Polri. Sebanyak 150 orang warga saat ini ditampung di sebuah gereja dan sekolah yang berada jauh dari lokasi erupsi,” ujar Palandung.

Menyangkut kebutuhan makan warga pengungsi, Palandung menyatakan bahwa pemerintah daerah melalui instansi teknis dan instansi terkait, telah menyalurkan bantuan makanan berupa mie instan,beras, minyak goreng, ikan kaleng dan bahan kebutuhan dasar lainnya yang dibutuhkan oleh warga pengungsi. Pemerintah Kecamatan juga telah membuat dapur umum di beberapa lokasi yang menjadi tempat pengungsian warga. (onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here