5 Puskesmas Sangihe Terima Sertifikat Akreditasi

0
37
Kabid Yankes Dinas Kesehatan Sangihe, Elisabeth Manulong

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Setelah melalui penilaian ketat dari tim Akreditasi Kementerian Kesehatan RI, yang dilaksanakan semenjak November hingga Desember 2018 lalu, sebanyak lima Puskesmas di Kabupaten Kepulauan Sangihe, berhasil memperoleh sertifikat akreditasi, yang kemudian diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana kepada pimpinan lima Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Sangihe, Joppy Thungari, melalui Kepala Bidang Yankes, Elisabeth Manulong menyatakan, kelima Puskesmas penerima sertifikat akreditasi tersebut, masing-masing, Puskesmas Dagho, Puskesmas Kendahe, Puskesmas Marore dan Puskesmas Enemawira.

“Untuk tahun 2019 ini, juga terdapat lima Puskesmas yang akan diakreditasi, yaitu, Puskesmas, Tatoareng, Manente, Pintareng, Salurang dan Nusa Tabukan. Sedangkan dua Puskesmas yang perna menerima sertifikat akreditasi tiga tahun lalu, akan dire-akreditas lagi tahun 2019 ini, yakni Puskesmas Manganitu dan Kuma, sehingga total Puskesmas di Sangihe yang akan diakreditasi sebanyak berjumlah 12,” ujar Manulong.

Dia menjelaskan, kriteria penilaian pada setiap Puskesmas yang dilakukan tim dari pusat saat melakukan survey, dilakukan oleh tiga tim berbeda, yaitu penilaian kelengkapan UMK, UKS dan administrasi serta kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat. “Dengan terakreditasinya 12 puskesmas di Kabupaten Kepulauan Sangihe akan berdampak baik bagi masyarakat, karena bisa terfasilitasi dengan BPJS,” pungkasnya. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here