Sinadia: Surat Suara Untuk Wilayah Kepulauan Jadi Prioritas

0
98

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ellyse Sinadia, menyatakan bahwa penyaluran surat suara ke wilayah kepulauan menjadi skala prioritas.

“Penyaluran surat suara ke wilayah kepulauan menjadi skala prioritas, sesuai petunjuk teknis, minus lima belas hari hingga minus tiga hari, semuan surat suara harus sudah tuntas dan berada di tempat,” ujar Sinadia kepada Indonesiablitz.com, Senin (11/3).

Sedangkan untuk angkutan transportasi, pihak KPU akan berkordinasi dengan Dinas Perhubungan dan aparat kepolisian dalam hal pengamanan.

“Dalam penyaluran surat suara ke wilayah kepulauan, KPU telah melakukan antisipasi terhadap segala kemungkinan, sehingga seluruh surat suara ke wilayah kepulauan dipastikan akan tiba tepat waktu,” katanya lagi.

Sementara penyaluran surat suara untuk wilayah daratan, masih bisa dilaksanakan minus dua sampai satu hari. Menyangkut tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sinadia mengatakan, sudah masuk pada angka 80 persen.

KPU juga merekrut tim relawan, untuk melaksanakan sosialisasi yang telah berlangsung di seluruh wilayah, termasuk menggunakan media elektronik, dalam hal ini RRI Tahuna.

Di sisi lain, Kepala Bidang Perencanaan Data dan Informasi KPU Sangihe, Tomy Mamuaya, menyatakan bahwa hingga saat ini, pihaknya telah melaksanakan daftar rekapitulasi bagi pemilih tambahan atau pindahan dengan sebutan Formulir A5.

“Berdasarkan surat rekomendasi Bawaslu, pada tanggal 19 hingga 20 Maret 2019, akan digelar rapat pleno terbuka, karena berdasarkan undang-undang, untuk mengeluarkan formulir A5 harus H-30, sebelum pencoblosan, dimana sampai saat itu, BPS dan PPK masih akan menerima formulir A5, dan itu sudah menjadi catatan,” kata Mamuaya. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here