Gansalangi Pimpin Mapilu PWI Sangihe

0
59
Pengurus Mapilu PWI Sangihe, Bersama Pemerintah Daerah dan Pimpinan Mapilu PWI Sulut

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Ketua Masyarakat Pers Peduli Pemilu (Mapilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara, Jimmy Senduk, mengukuhkan pengurus Mapilu Kabupaten Kepulauan Sangihe, periode 1019-2022 yang digelar di Ruang Serbaguna Kantor Bupati, Jumat (15/3). Disaksikan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong, Andy Gansalangi (Koran Sindo Manado), resmi dilantik sebagai ketua Mapilu Sangihe, Sekertaris dijabat Jerusalem Mendalora (Antara), sedangkan Bendahara dipercayakan kepada Alexander “Pengky” Dalengkade (RRI).

Jimmy Senduk dalam sambutannya, meminta kepada seluruh personil Mapilu Sangihe, agar dalam menjalankan tugas jurnalistiknya harus professional dengan mengedepankan independensinnya. Sendek yang merupakan jebolan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Manado itu, menyampaikan bahwa Mapilu memiliki sistem kerja sama dengan KPU dan Bawaslu dalam pelaksanaan tahapan Pemilu dan pengawasan Pemilu, sesuai aturan yang berlaku.

“Dalam pelaksanaannya harus professional dengan mengutamakan independensi sebagai seorang jurnalis, karena tanggungjawab ini luar biasa. Saling mengawasi, saling bersinergi untuk mempertegas tahapan-tahapan Pemilu. Agar teman-teman Mapilu tidak memihak, dan independen. Teman-teman wartawan bisa melaporkan kepada pimpinan Mapilu, kalau dalam pelaksanaannya tidak professional,” ujar Senduk.

Disisi lain, Ketua PWI Sulut, Vouke Lontaan menjelaskan, bahwa tugas dari para wartawan Mapilu PWI, dalam melaksanakan pemberitaan harus berkoordinasi dengan pihak penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu yang ada di daerah.

“Pengurus Mapilu menyampaikan kepada masyarakat agar masyarakat ikut Pemilu. Pengurus Mapilu tiap kabupaten/kota hanya 3 orang, teman-teman wartawan bisa memberikan sumbangsi dan saran. Kalau ada informasi atau berita hoax, maka itu merupakan tugas dari Mapilu untukmeluruskanya sehingga informasi atau berita yang sampai ke masyarakat sesuai dengan fakta,” ujar Lontaan.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong bemberi apresiasi serta dukungan atas dikukuhkanya pengurus Mapilu Sangihe, guna meningkatkan profesionalisme dalam menyukseskan pesta Demokrasi lima tahunan yang akan digelar tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Pemerintah daerah, tentunya memberi apresiasi serta dukungan terhadap tugas dari Mapilu Sangihe yang telah dikukuhkan untuk melaksasanakan tugas jusnalistik, dengan professional dan independen, demi suksesnya pelaksanaan secara khusus Pemilu di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” tutup Hontong.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe Junaidi Bawenti, Asisten I Setdakab Sangihe, Irklis Natural Sombonaung, Komisioner KPUKabupaten Kepulauan Sangihe, Divisi Informasi dan data, Tommy Mamuaja, Ketua IWO Provinsi Sulut, serta sejumlah awak media yang bertugas di Biro Sangihe. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here