Jokowi Kembali Buka Rute Tol Laut Tahuna

0
113
Kapal Tol Laut rute Tahuna, saat melakukan dok di Bitung

INDONESIABLITZ.COM, Sangihe – Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, akhirnya menjawab surat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, dengan mengembalikan rute kapal tol laut yang sempat dihentikan, kembali masuk Tahuna. Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sangihe Felix Gaghaube kepada sejumlah awak media Jumat pekan lalu.

“Ini merupakan jawaban pak Presiden atas surat pak Bupati yang meminta agar rute tol laut bisa kembali seperti semula telah direalisasikan, dan disepakati bahwa rute tol laut ke Tahuna yang sebelumnya sempat dialihkan ke Bitung, dirubah kembali, dari Tanjung Perak Surabaya-Makasar-Tahuna,” ujar Gaghaube, usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Tol Laut di Yogyakarta, 22-23 Maret 2019, lalu.

Gaghaube menambahkan, upaya pak Bupati yang terus mendorong agar rute tol laut kembali ke Tahuna telah membuahkan hasil, setelah pimpinan Rakor Tol Laut menyampaikan bahwa Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan daerah kepulauan terbaik di seluruh Indonesia dalam pengelolaan tol laut, sehingga mendapat piagam penghargaan peringkat satu terbaik pengelolaan tol laut. Dengan kembalinya rute tol laut ke Tahuna dipastikan sektor perdagangan dan disparitas harga berbagai bahan pokok di wilayah terpencil dan wilayah kepulauan juga akan menjadi normal.

Sementara itu, Ketua Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Sangihe, Ferry Kantohe, menyambut baik sekaligus memberi apresiasi kepada pemerintah daerah yang begitu peduli terhadap nasib kaum buruh di Sangihe.

“Sebagai pimpinan para buruh tenaga kerja yang terhimpun dalam Koperasi TKBM, kami menyampaikan terima kasih sekaligus memberi apresiasi atas upaya pemerintah daerah yang bergerak cepat, sehingga kapal tol laut bisa kembali masuk pelabuhan Tahuna. Dengan demikian, hal ini akan meningkatkan pendapatan dari para tenaga buruh TKBM yang jumlahnya mencapai 1200 orang,” tukas Kantohe. (allen/onal)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here